AC Mobil Anda Tidak Dingin Dan Cuma Keluar Angin Saja? Mungkin Ini 3 Penyebabnya

10 March 2020


AC mobil merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, AC memiliki fungsi yang sangat vital, yakni untuk mendinginkan udara didalam kendaraan Anda.

AC mobil pun diklaim dapat memberikan relaksasi dan mengurangi kelelahan bagi pengendaranya.

Idealnya, pengendara dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara dengan menjaga suhu kabin antara 20 hingga 25 derajat celsius.

Dengan berkendara menggunakan AC yang dingin. Pengemudi mendapatkan suasana yang tenang dan juga nyaman.

Selain itu, AC pun menyediakan udara yang terfilter sehingga menghasilkan udara bersih yang bisa dihirup oleh penumpangnya.

Bagaimana Jika AC Mobil Tidak Dingin?

ac pada mobil


Jika AC tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja. Sudah jelas membuat pengendara merasa tidak nyaman dan kegerahan.

Karena memang saat ini sistem pendingin udara seperti AC mobil maupun AC di ruangan menjadi kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hidup sehat dan nyaman.

Jika Anda menemukan tanda-tanda seperti AC sudah mulai tidak dingin dan hanya keluar angin. Bahkan mengeluarkan aroma yang tidak enak alias bau.

Mungkin ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui. Dan kami sudah merangkumnya untuk Anda, yakni sebagai berikut.

Penyebab AC Tidak Dingin Bahkan Bau

1. Filter AC Yang Sudah Kotor dan Dipenuhi Debu

filter ac yang kotor menyebabkan ac mobil menjadi tidak dingin


Sering sekali kami menemukan AC yang tidak dingin disebabkan oleh filter AC yang sudah kotor dan dipenuhi oleh debu yang menempel di filter.

Akibatnya, yang keluar hanyalah angin saja tanpa rasa dingin sama sekali.

Filter AC yang kotor bisa disebabkan oleh interior mobil yang banyak debu dan kotoran. Sehingga kotoran tersebut terisap oleh AC dan tersaring di filter AC yang menyebabkan AC tidak dingin.

Untuk membersihkan filter AC, biasanya tim bengkel mobil akan melakukan cek berkala setiap 5000 km. Jika memang filter AC sangat kotor. Mereka akan merekomendasikan agar filter AC dibersihkan.

Biaya membersihkan filter AC pun berbagai macam harga. Idealnya, membersihkan filter AC tidak akan menghabiskan dana hingga 100 ribu rupiah.

Jika Anda sudah melakukan cara diatas namun permasalahan masih belum selesai. Mungkin freon Anda mengalami kebocoran.

2. Freon Mobil Mengalami Kebocoran

pengecekan tekanan freon pada ac mobil


Biasanya, jika cara kesatu sudah dilakukan yakni membersihkan filter AC namun masih saja tidak menemukan solusi. Bisa jadi ada kebocoran pada sistem freon.

Freon pada AC mobil bisa diibaratkan freon AC di rumah Anda. Kompresor menekan freon, lalu mengubahnya yang awalnya gas menjadi cair.

Perubahan tersebut yang dapat menciptakan udara dingin yang tersebar di seluruh kabin mobil.

Idealnya, freon pada AC mobil tidak akan pernah habis dan akan habis jika mengalami kebocoran. Sehingga jika filter sudah dibersihkan namun AC tetap tidak dingin.

Solusi kedua adalah menambal kebocoran dan mengisi ulang freon AC mobil Anda. Untuk menambal kebocoran sendiri, bengkel AC biasanya memberikan standar harga di kisaran 100 hingga 200 ribu rupiah.

Sedangkan untuk pengisian freonnya. Biayanya sekitar 150 hingga 300 ribu rupiah. Sungguh membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membuat AC menjadi dingin.

Akan tetapi, jika cara kesatu dan kedua sudah dilakukan, namun masih menemukan kendala. Berarti permasalahan utamanya adalah dari evaporator yang kotor.

3. Evaporator yang Sangat Kotor

evaporator yang sangat kotor bisa menyebabkan ac tidak dingin


Mungkin tidak banyak yang mengetahui mengenai apa fungsi dari evaporator pada sistem pendinginan udara pada mobil.

Evaporator merupakan perangkat bagian dari sistem AC yang memiliki tugas sebagai penukar panas.

Evaporator menyerap suhu panas yang ada didalam kabin mobil. Lalu mengubah cairan yang dikirim oleh kondensor untuk dirubah menjadi uap dingin.

Yang pada gilirannya memberikan udara dingin melalui kipas AC kedalam seluruh kabin mobil. Karena memiliki dua fungsi yang sangat penting. Tentunya menjaga kebersihan evaporator sangat perlu dilakukan.

Letak evaporator sendiri berada dekat dengan filter AC. Umumnya berada di dekat dashboard mobil. Idealnya, evaporator dibersihkan setiap 1 tahun sekali atau setelah menempuh perjalanan 20.000 km.

Biaya pembersihan evaporator di bengkel biasanya menghabiskan dana hingga 200 ribu rupiah. Ingin membersihkan secara mandiri? Tentu bisa jika Anda mengetahuinya.

Akan tetapi, kami tetap tidak menyarankan pembersihan secara mandiri karena ditakutkan mempengaruhi komponen yang lain, kecuali Anda memang benar-benar memahaminya.

Servis AC mobil sebaiknya memang ditangani oleh ahlinya. Hal tersebut dilakukan agar semua problem yang ada bisa teratasi dengan baik.

Bagaimana Jika AC Mobil Bau Banget?

ac mobil bisa bau disebabkan adanya bangkai yang terselip diantara komponen ac mobil


Jika AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap, seperti bau bangkai atau bau yang lainnya. Bisa jadi ada bangkai hewan kecil yang terselip diantara komponen AC mobil.

Pada beberapa kasus, AC yang bau disebabkan oleh bangkai kecoa kecil yang mati di bagian kompresor atau di bagian evaporator AC mobil.

Bahkan, ada juga cicak bahkan tikus kecil yang mati dan bersarang di komponen AC.

Jika sudah begini, saat yang tepat untuk Anda melakukan servis AC mobil. Karena yang ditakutkan bukan hanya sekedar baunya saja. Namun udara di kabin yang dapat terkontaminasi oleh bakteri dari bangkai hewan tersebut.

Kesimpulan

ac mobil yang dingin


Sekian informasi mengenai beberapa penyebab mengapa AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin. Semoga dengan adanya artikel ini, membantu Anda yang mengalami kasus serupa agar bisa ditangani sedini mungkin dengan biaya yang tidak mahal.

Jika ternyata AC Anda tidak bisa diperbaiki, ada baiknya Anda membeli ac mobil bekas yang bisa Anda temukan di olx mobil atau marketplace sejenisnya yang memiliki harga yang terjangkau.

Merawat mobil memang sangat perlu dilakukan. Bahkan merawat permukaan mobil dari kotoran pun sudah merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Untuk itu, gunakan shampoo touchless yang ampuh membersihkan mobil dari debu, minyak dan kotoran tanpa harus Anda sentuh.

Ingin mencoba mencuci mobil tanpa sentuh? Silahkan cek videonya untuk melihat kehebatan produk dari Grass Indonesia disini. Dan untuk melihat berbagai produknya, Anda bisa melihat di marketplace kami yang saat ini ada di Tokopedia dan juga Blibli.com.

Salam dari kami untuk #Grassteam!

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.