Inilah 4 Alasan Mengapa Air Hujan Dapat Membuat Korosi dan Jamur Pada Mobil Anda

12 March 2020

Air hujan sekilas tidak terlihat memperburuk keadaan mobil karena tetap terlihat seperti air yang mengalir dari awan.

Padahal, banyak sekali partikel pada air ini yang dapat mempengaruhi kualitas permukaan mobil.

Pernahkan Anda terpikirkan apa hubungan antara air hujan dengan adanya jamur dan karat pada mobil? Dan bagaimana prosesnya?

Lalu, apa saja perawatan yang harus Anda lakukan ketika kendaraan Anda terkena air hujan?

Untuk mengetahuinya, simak empat alasan mengapa air hujan dapat mengakibatkan korosi dan juga jamuran.

Dengan mengetahui penyebab dan alasannya, Anda bisa merawat kendaraan dengan lebih baik lagi kedepannya.

Bahaya Air Hujan

1. Membawa Berbagai Partikel Berbahaya Lainnya

Mungkin sekilas air hujan tampak terlihat normal dan bersih seperti air pada umumnya.

Namun tahukah Anda bahwa faktanya, hujan tidak hanya membawa air normal saja. Akan tetapi ia membawa partikel kecil lain seperti kotoran, debu, dan partikel kecil lain yang jika dibiarkan akan membuat mobil tidak bersinar dari waktu ke waktunya.

Tentunya hal ini akan membuat warna mobil menjadi kusam jika dibiarkan terlalu sering terkena hujan.

2. Mengandum Asam yang Dapat Mengakibatkan Korosi

Bagaimana proses hujan bisa mengandung asam? Dan apa hubungan hujan asam dengan permukaan mobil yang akan menjadi karat?

Berbagai polusi udara di perkotaan tentunya akan membuat polusi di asmosfer. Tentu ketika hujan turun, hujan akan bercampur dengan polusi udara di perkotaan yang akan mengakibatkan hujan asam.

Hujan asam adalah curah hujan yang menjadi asam dikarenakan polusi pada atmosfer. Hujan yang terlalu asam akibat terlalu banyak mengandung polutan tentunya selain membuat tumbuhan mati.

Juga akan merusak kualitas cat jika mobil sering dibiarkan begitu saja ketika terkena air hujan dengan intensitas yang sangat sering.

Akibatnya, cat akan sedikit demi sedikit mengelupas yang akhirnya mengakibatkan korosi dan karat pada mobil.

Biasanya, karat akan muncul di beberapa titik yang sering menjadi genangan air. Seperti pada kap mesin, bagian bawah bodi mobil atau pada bagian pintu mobil.

3. Mobil yang Terkena Air Hujan, Jika Dibiarkan akan Rawan Timbul Jamur

Mobil yang sering terkena hujan langsung, dan tidak Anda keringkan atau dicuci menggunakan shampoo anti korosi. Pasti akan menimbulkan jamur pada bagian-bagian tertentu.

Biasanya jamur tersebut muncul dikarenakan air hujan yang dibiarkan hingga kering. Sehingga permukaan mobil pun rawan timbul jamur dimana-mana.

Biasanya, jamur akan terlihat jelas di bagian kaca mobil seperti bercak-bercak putih yang sulit untuk dihilangkan.

Dan tentunya, jika jamur sudah banyak bertebaran di area bodi mobil. Tentu cara menghilangkannya pun cukup sulit dan bisa menghabiskan dana yang tidak sedikit.

4. Mobil yang Tinggal Dekat Pantai dan Laut Beresiko Karat Jika Sering Terkena Air Hujan

Ternyata, tidak hanya di perkotaan saja yang membuat hujan menjadi asam. Namun wilayah yang dekat pantai atau laut pun beresiko menimbulkan hujan asam yang mengakibatkan karat pada mobil.

Jika sudah begini, pastinya biaya perawatan untuk mobil yang berkarat akan jauh lebih mahal ketimbang Anda mencegah hal itu terjadi.

Cara Terbaik Merawat Mobil dari Bahaya Air Hujan

Setelah mengetahui alasan mengapa hujan dapat membuat korosi dan juga jamur. Kini saatnya Anda melakukan pencegahan agar mobil terhindar dari bahaya air hujan, yakni sebagai berikut.

1. Mobil Seketika Langsung Dikeringkan Menggunakan Microfiber

Ketika mobil Anda terkena hujan secara langsung. Tentunya untuk menghindari mobil dari adanya jamur dan karat adalah dengan sesegera mungkin mengeringkan mobil sebelum air tersebut terserap ke permukaan mobil.

Sebaiknya, gunakan lap yang berbeda untuk melakukan pengeringan pada bodi mobil dan juga kaca mobil.

Idealnya untuk mengeringkan mobil dari hujan. Anda sediakan 3 lap microfiber. Lap pertama digunakan untuk mengelap bagian tengah hingga atas bodi mobil.

Lalu lap kedua digunakan untuk mengelap bagian bodi tengah hingga bawah. Dan yang terakhir adalah lap microfiber digunakan untuk mengelap semua kaca mobil. Baik bagian depan, belakang, bagian kanan dan juga kiri.

Cara ini merupakan salah satu cara instan. Namun kekurangannya adalah kotoran masih tetap menempel pada permukaan mobil dan tidak sepenuhnya bersih.

Selain itu, rawan terjadinya baret halus karena partikel kotoran yang masih menempel pada bodi mobil.

Sehingga cara yang paling ampuh untuk membersihkan mobil agar tidak terjadi korosi adalah dengan mencucinya menggunakan shampoo khusus anti korosi yang akan kami jelaskan di point kedua dibawah ini.

2. Mobil Dicuci Menggunakan Shampoo Mobil yang Mengandung Zat Anti Korosi

Dan cara terakhir yang paling ampuh untuk mencegah adanya jamur dan karat pada permukaan mobil yang terkena air hujan secara langsung adalah dengan mencucinya menggunakan shampoo mobil yang mengandung zat anti korosi.

Salah satu produk shampoo mobil yang dapat mencegah karat adalah dengan menggunakan shampoo touchless dari Grass Indonesia.

Grass Indonesia merupakan produsen shampoo touchless pertama di Indonesia. Mengusung metode ‘touchless’, shampoo ini ampuh mencuci mobil tanpa perlu Anda sentuh sama sekali.

Selain itu, shampoo ini mengandung zat anti korosi yang bisa mencegah adanya karat pada mobil Anda. Mencuci mobil menggunakan shampoo touchless ini mampu memangkas waktu mencuci yang asalnya bisa berjam-jam.

Dengan menggunakan shampoo Grass, mencuci mobil hanya membutuhkan waktu 10 menit saja.

Mobil yang terkena air hujan pun bisa langsung dicuci tanpa perlu berlama-lama, apalagi jika Anda sangat sibuk bekerja.

Tentu shampoo ini sangat cocok menemani hari-hari Anda dalam merawat mobil kesayangan Anda.

Penasaran dengan kemampuan shampoo touchless dari Grass dalam merontokkan kotoran? Yuk simak video lengkapnya di channel youtube kami. Sedangkan untuk informasi mengenai berbagai produk beserta fungsinya.


Anda bisa langsung kunjungi official online store kami yang saat ini ada di Tokopedia dan juga blibli.com. Salam dari Grassteam!

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.