AirBag Mobil Menjadi Fitur Keselamatan Untuk Mencegah Kecelakan Ketika Berkendara

26 June 2020

Airbag mobil menjadi satu satunya fitur keselamatan pada mobil yang sering dipikirkan oleh berbagai pengguna kendaraan.

Pasalnya, airbag menjadi komponen pada mobil yang sangat vital untuk mencegah cedera pada Anda ketika terjadi benturan keras atau tabrakan pada mobil.

Seperti yang Anda ketahui bahwa airbag mobil akan bekerja dan mengembang ketika terjadi tabrakan keras pada kecepatan yang sangat tinggi.

Sehingga sensor pada mobil akan mendeteksi tabrakan tersebut kemudian memberi sinyal agar sistem airbag mengembang untuk menghindari adanya benturan keras sehingga melindungi Anda dari cedera serius pada kepala, leher dan juga dada.

AirBag Mobil Menjadi Fitur Keselamatan Kedua Setelah Seat Belt

Anda tak bisa hanya mengandalkan seat belt sebagai komponen yang bisa membuat Anda selamat pada kecelakaan tak terduga. AirBag Mobil Menjadi satu satunya fitur yang sangat membantu Anda agar kepala tidak terbentur pada bagian mobil yang sangat keras ketika tabrakan terjadi.

Seperti menahan kepala untuk tidak terbentur pada dashboard, bahkan pada setir karena sistem air bag akan mengembang dari kemudi stir mobil.

Tabrakan Dibawah Kecepatan 20 Km/Jam Tak Membuat Sistem AirBag Mobil Mengembang

Mungkin ada yang bertanya-tanya apakah setiap tabrakan baik ringan atau berat, sistem airbag mobil akan mengembang?

Ternyata, sistem air bag yang akan mengembang sekali pakai ini akan keluar dan terburai jika tabrakan tersebut dipacu dengan kecepatan diatas 20 km per jam. Sedangkan jika dibawah itu, dikhawatirkan sensor mobil tidak mendeteksi adanya kecelakaan dan benturan keras.

Sehingga dibawah kecepatan tersebut, seat bealt menjadi satu satunya komponen yang melindungi tubuh Anda.

Sebaliknya, diatas kecepatan tersebut. Sistem airbag yang akan melindungi Anda dari benturan keran yang bisa menyebabkan cedera serius bahkan kematian pada beberapa kasus yang sangat berat.

Kesimpulan

Sistem airbag memang dibuat untuk menjadi fitur keselamatan kedua ketika Anda mengalami kategori kecelakan dengan resiko sedang menuju berat. Karena jika benturan masih dianggap kategori sedang.

Sistem airbag tidak akan mengembang sebagaimana mestinya. Akan tetapi ketika benturan keras terjadi dengan kecepatan yang tinggi, sistem airbag akan mengembang pada kecepatan 1/25 detik alias 0.04 detik.

Nitrogen menjadi satu satunya udara yang membuat sistem airbag mobil menjadi mengembang. Dan jika terhirup pun, tidak akan menjadi masalah karena nitrogen telah menyumbang 78% udara yang sehari-hari Anda hirup.

So, pastikan pemilihan mobil yang memiliki fitur air bag atau SRS (Supplemental Restraint System) untuk melindungi Anda ketika terjadi bahaya ketika Anda menyetir.

Walaupun memang beberapa jenis mobil yang memiliki SRS ini tergolong memiliki harga yang mahal. Namun sangat setara untuk melindungi nyawa Anda ketika berkendara.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.