Biaya Tune Up Mobil 2020 Beserta Perbedaan Mendasar Dengan Servis Mobil

27 July 2020

Biaya tune up mobil dengan servis mobil tentu memiliki beberapa perbedaan mendasar diantara keduanya. Namun, keduanya sama-sama jelas sekali dilakukan untuk memperbaiki komponen mobil yang rusak.

Sebelum membahas mengenai biaya tune up mobil, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dan juga perbedaan antara keduannya secara sederhana, yakni sebagai berikut.

Pengertian Tune Up dan Servis Mobil

Pertama, kami akan membahas mengenai servis mobil. Servis mobil merupakan salah satu perawatan untuk mobil dengan cara pembersihan pada komponen mobil secara umum secara berkala. Biasanya servis mobil dilakukan per 5000 km perjalanan atau sama dengan enam bulan sekali.

Sedangkan, tune up sendiri sama-sama kegiatan perawatan mobil dengan cara pembersihan dan perbaikan pada komponen mobil secara keseluruhan dan lebih mendetail. Biasanya, tune up dilakukan per 20.000 km perjalanan atau sama dengan satu tahun penggunaan kendaraan.

Hal ini dilakukan tergantung dari segi performa mobil. Jika performa mobil lebih terasa kurang nyaman, Anda bisa melakukan keduanya tanpa menunggu waktu relatif yang biasanya ditentukan.

Selain itu, biasanya tune up dilakukan pada beberapa mobil tahun lama yang memang sudah sangat tidak nyaman performanya agar kembali seperti mobil baru. Dan jika memang tidak ada hal yang perlu diperbaiki pada mobil Anda. Anda cukup melakukan servis rutin per enam bulan sekali saja.

Mungkin cukup jelas pengertian antara tune up dan servis mobil. Dan saat ini, kami akan membahas perbedaan mendasar diantara keduanya sehingga Anda akan paham mengapa biayanya bisa jauh berbeda dan apa saja komponen yang harus diperbaiki.

Perbedaan Mendasar Antara Tune Up dan Service Mobil

Perbedaan lain antara tune up mobil dengan servis mobil adalah dari segi biaya. Mengenai servis, Anda bisa membacanya pada artikel servis mobil. Sedangkan untuk tune up sendiri, memiliki biaya yang lebih bervariatif dan tergolong mahal jika dibandingkan dengan service mobil.

Biasanya, biaya servis mobil di bengkel resmi di kisaran 500 hingga 1 juta rupiah. Tergantung pada kondisi keadaan mobil Anda.

Sedangkan, biaya tune up mobil tentu tergolong lebih tinggi, karena ada beberapa pekerjaan kompleks yang dikerjakan dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Dari segi waktu pun, tune up dilakukan hanya satu tahun sekali atau sama dengan jarak tempuh kisaran 20.000 km. Sedangkan untuk servis mobil berkala dilakukan per enam bulan sekali atau sama dengan 5000 km perjalanan.

Selain itu, hal utama yang menyebabkan perbedaan biaya diantara keduanya adalah pada komponen mobil yang diperbaiki. Umumnya, pada servis mobil hanya mengutamakan pada 3 komponen yang diperbaiki. Seperti penggantian oli, rem, dan juga filter udara AC.

Sedangkan pada tune up, ada komponen lain yang melakukan pengecekan secara mendalam. Seperti pengecekan busi, injector, pembersihan ruang bakar, dan lain sebagainya yang lebih kompleks.


Biaya Tune Up Mobil dan Servis Mobil

Setelah melihat banyak komponen yang melakukan pengecekan terhadap perawatan tune up dan service mobil. Tentu biayanya pun akan berbeda tergantung dari seberapa parah kerusakan dan perbaikan yang sudah dilakukan.

Biasanya, biaya tune up mobil bisa mencapai 700 hingga 2 juta rupiah. Sedangkan jika servis mobil, tidak akan memakan biaya hingga 1 juta rupiah. Namun biaya tersebut tentunya setara dengan kenyamanan yang akan Anda dapatkan.

Perawatan Mobil Lainnya yang Harus Anda Lakukan

Selain memperhatikan dari segi servis secara berkala maupun tune up. Anda pun harus membiasakan untuk melakukan perawatan mobil menggunakan shampoo mobil terbaik agar tampilan mobil tetap kinclong dan bersinar.

Banyak customer yang beralih dari metode manual menggunakan spons dan beralih menggunakan shampoo touchless tanpa sentuh yang membuat bodi mobil Anda kinclong dan bersih sekejap tanpa meninggalkan baret halus pada mobil.

Shampoo touchless dari Grass menjadi solusi terbaik untuk merawat mobil agar tetap kinclong selain tune up maupun service. Dengan harga yang tergolong murah, mampu memangkas waktu pencucian hingga 300% lho.

Anda bisa mencuci mobil tak kurang dari 10 menit saja. Penasaran akan kehebatan shampoo touchless dari Grass? Silahkan lihat video dibawah ini ya untuk pembuktiannya!

View this post on Instagram

Metode cuci motor / mobil dengan digosok yg faktanya tidak efektif karena menghabiskan banyak waktu dan tenaga dan menimbulkan efek negatif pada body kendaraan yaitu timbulnya swirlmark kini mulai ditinggalkan . Kini cuci kendaraan beralih menuju metode terbaru yaitu touchless carwash / bikewash yaitu pencucian kendaraan tanpa menyentuhnya. . Selain aman dari virus karena touchless (tidak perlu menyentuh kendaraan) metode ini juga akan menghemat banyak waktu dan tenagamu plus tanpa efek negatif pada body kendaraan seperti terjadinya swirlmark / baret halus. . Untuk kamu yg berada di Padang dan sekitarnya ingin merasakan cepatnya cuci tanpa sentuh ini langsung datang ke @clingpadang yg berlokasi di: Jl. Veteran no. 63 kel Purus Kec Padang Barat kota Padang . #touchlesscarwash #TouchlessShampoo #Grass #GrassIndonesia

A post shared by GRASS Indonesia (@grass.indonesia) on

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.