Cara Klaim Asuransi Mobil Terupdate 2020 : Persyaratan Agar Approval

23 June 2020

Cara klaim asuransi mobil menjadi hal yang paling dicari oleh sebagian pengendara yang memiliki polis asuransi. Banyak yang menggunakan asuransi mobil namun tidak mengerti bagaimana cara mengklaim asuransi jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan Anda.

Terkadang, ada saja sesuatu hal yang menyebabkan kerusakan pada mobil Anda. Sebagai contoh, mobil Anda sudah terparkir dengan benar. Namun pengendara lain oleng sehingga menyebabkan mobil Anda lecet yang tak bisa Anda hindari.

Tentu Anda harus memanfaatkan adanya asuransi mobil agar segala sesuatu kerusakan pada mobil dapat diklaim.

So, bagi Anda yang memiliki polis asuransi mobil. Perlu sekali mengetahui bagaimana cara klaim asuransi sehingga jika suatu hal terjadi pada mobil Anda. Anda dengan sigap melampirkan seluruh persyaratan sehingga pengajuan Anda approval.

Lantas, apa saja yang harus Anda persiapkan ketika Anda akan mengajukan klaim asuransi mobil?

Cara Klaim Asuransi Mobil Tahun 2020

1. Anda Harus Terdaftar Menjadi Pemegang Polis Asuransi All Risk

Seperti yang Anda ketahui bahwa asuransi mobil terdiri dari dua jenis. Yang pertama adalah asuransi All Risk dan yang kedua adalah asuransi TLO alias total lost only.

Keduanya memiliki menfaat yang berbeda dan tentunya memiliki premi yang berbeda pula.

Untuk asuransi all risk, setiap kecelakaan terjadi baik kategori ringan, sedang, bahkan berat akan diklaim oleh pihak asuransi. Asalkan pembayaran premi lancar dan tidak menunggak.

Sedangkan untuk asuransi TLO, klaim hanya dilakukan jika mobil tersebut hilang atau mengalami kecelakaan berat hingga melebihi atau sama dengan 75% persen.

Selain itu, tidak ada klaim sama sekali.

Untuk pembayaran preminya pun tentunya berbeda. Biasanya, all risk akan menetapkan premi tahunan yang jauh lebih mahal ketimbang premi asuransi TLO.

Untuk TLO sendiri, biasanya menetapkan di angka 1 hingga 2 persen dari harga jual mobil. Sedangkan untuk all risk biasanya memiliki premi 2 hingga 3 kali lipat ketimbang premi asuransi TLO.

2. Mengirim Bukti Foto Terjadinya Kecelakaan, Baik Ringan Hingga Berat

Ketika Anda mengalami kecelakaan atau terserempet mobil orang dan ingin mengajukan klaim ke pihak asuransi. Biasanya pihak asuransi akan meminta bukti foto.

Selain itu, biasanya Anda disuruh mengisi formulir untuk melengkapi semua persyaratan tersebut sebagai pelengkap klaim asuransi Anda.

3. Membuat Kronologi Terjadinya Kecelakaan

Selain ketiga point diatas, biasanya Anda akan diminta untuk menceritakan kronologi kejadian. Mulai dari jam dan tanggal secara detail ketika Anda mengalami kecelakaan tersebut.

4. Mengumpulkan Persyaratan Klaim Asuransi

Setelah mengisi formulir dan menceritakan kronologi masalah, saatnya Anda untuk menambahkan data lain sebagai penunjang klaim asuransi.

Anda bisa mempersiapkan data penunjang seperti fotokopi ktp, sim, stnk, bpkb dan lain sebagainya.

Biasanya, klaim akan diapprove jika persyaratan lainnya sudah terpenuhi.

5. Menelpon dan Meminta Bantuan Marketing Asuransi

Yang terakhir adalah, meminta bantuan pada pihak marketing asuransi mobil. Biasanya, jika melakukan cara klaim asuransi mobil via marketing akan lebih mudah karena banyak data yang sudah ia miliki dan tinggal ditambahkan data kekurangan yang lain.

Biasanya, membangun relasi yang baik dengan sales asuransi akan mempermudah Anda dalam klaim asuransi. Karena ia akan membantu secara subjectiv pada klien yang menurutnya bisa menguntungkan dia.

Kesimpulan

Selain lima point diatas, cara klaim asuransi mobil akan lebih mudah lagi di approval jika memang sebab kecelakaan tersebut bukan karena kesalahan si pengemudi.

Misalkan Anda sedang menyetir dalam kondisi mabuk. Atau bahkan Anda tidak membayar premi bahkan menunggak.

Tentu Anda pun tidak bisa menuntut banyak jika hal tersebut terjadi. So, pastikan pilih asuransi mobil yang paling sesuai dengan keuangan dan kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda akan semakin mudah untuk melakukan klaim pada mobil Anda.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.