Cara Mengemudi Mobil Manual Hanya Dalam Waktu 6 Jam! Tutorial Super Lengkap

11 May 2020

Cara mengemudi mobil manual memang bisa terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, untuk orang yang sudah bisa mengendarai motor kopling atau gigi. Mengendarai mobil manual akan terasa lebih mudah.

Berbeda halnya ketika Anda belum bisa menggunakan motor kopling atau gigi, maka cara mengendarainya pun bisa dibilang rumit dan penuh resiko.

Karena Anda harus bisa menyesuaikan ketiga aspek penting dalam berkendara.

Yakni pengaturan antara gas, kopling dan juga rem sehingga dapat mengemudi dengan aman dan juga nyaman.

Untuk tahapan yang paling sulit dalam mengemudi mobil adalah ketika Anda ditantang untuk memarkirkan kendaraan dalam ruangan yang pas-pasan alias sempit.

Atau mengendara di jalanan yang sangat kecil dan sedikit berbahaya.

Tentunya kedua hal tadi perlu dihindari ketika Anda masih belajar dan belum memiliki jam terbang tinggi dalam berkendara.

Sehingga, bagi Anda yang ingin belajar cara mengemudi mobil manual, kami yakin jika Anda sungguh-sungguh ingin bisa mengemudi mobil manual.

Anda akan mencapai tahap bisa mengendarai dalam waktu 6 jam. Dan 6 jam tersebut bisa Anda bagi menjadi 6 hari.

Jadi, dalam 1 hari Anda cukup belajar 1 jam dengan materi yang berbeda.

Jika belum bisa pada materi pertama, Anda harus mengulanginya sampai benar-benar bisa.

Cara Mengemudi Mobil Manual

Cara Mengemudi Mobil Manual Tahap 1 Jam Pertama : Mengenal Sistem Kerja Mobil

Mengemudi mobil manual tentu berbeda dengan mengemudi mobil balap atau mobil mewah yang bisa Anda kendalikan hingga kecepatan ratusan km/jam.

Mengemudi mobil manual biasa harus benar-benar tenang dan butuh konsentrasi yang luar biasa.

Cara pertama agar Anda bisa mengemudi mobil manual di satu jam pertama adalah Anda harus mengenal sistem kerja mobil dan juga tahu mengenai semua nama-nama komponen dalam mobil.

Namun yang harus diperhatikan adalah Anda harus mengetahui ketiga fungsi vital dalam mobil.

Yakni bagaimana cara mengatur antara gas, rem dan juga kopling sehingga menghasilkan cara kemudi yang luar biasa nyaman dan juga aman.


Selain itu, pada satu jam pertama Anda juga harus bisa membedakan mana lampu yang harus dinyalakan pada malam hari, dan lampu mana yang bisa digunakan pada jalan tol.

Dan Anda pun harus paham perbedaan antara lampu jauh dan lampu dekat sehingga Anda tahu mana yang harus Anda lakukan ketika berkendara.

Pastikan juga ketika mengendarai mobil manual, Anda harus mempersiapkan tempat duduk senyaman mungkin. Dimana posisi nyaman itu adalah kaki Anda sampai pada bagian kopling, gas, dan juga rem pada kondisi yang nyaman.

Jika posisi tempat duduk terlalu jauh, bisa membuat Anda susah menjangkaunya. Dan jika terlalu dekat pun, bisa membuat Anda melakukan rem mendadak alias terlalu dalam menginjak gas, rem maupun kopling.


Karena posisi duduk yang tidak nyaman bisa membuat Anda sakit pinggang. Anda pun bisa jadi melakukan rem mendadak.

Bahkan jika posisi tempat duduk terlalu dekat, bisa jadi terlalu cepat melepas kopling yang berakibat mesin mendadak mati di tengah jalan.

Jika sudah begitu siapa yang repot?

Hehehee. Jika Anda sudah mengerti mengenai sistem kerja mobil, maka di jam selanjutnya dan dihari berikutnya, giliran Anda praktek langsung pada perseneling alias gigi 1 dan gigi 2 sebagai tahap awal belajar mengemudikan mobil.

Cara Mengemudi Mobil Manual Tahap 2 : Belajar Berkendara di Gigi 1 dan 2

Setelah Anda mengetahui beberapa komponen mobil seperti cara menyalakan lampu jauh dan dekat, menyalakan radio, menyetel musik dari handphone, bahkan sudah mengetahui ketiga sistem kerja mobil yakni gas, rem dan kopling.


Saatnya Anda belajar mengemudikan mobil manual sendiri.

Pertama-tama, Anda masuk kedalam mobil yang sudah dinyalakan dan dalam keadaan netral dan jalanan yang datar.

Kemudian setelah itu, Anda bisa mengarahkan tempat duduk kedepan dan belakang hingga Anda mendapatkan jok mobil yang pas dan juga sesuai dan jarak kaki dan kopling tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat tapi membuat Anda nyaman.

Setelah dirasa nyaman dan juga enak. Saatnya Anda berkendara! Anda bisa memulai dengan menyalakan mesin mobil dalam keadaan netral.

Pastikan juga Anda sudah paham cara memindahkan gigi.

Perlu diingat bahwa ketika Anda ingin memindahkan gigi, posisi kopling harus diinjak secara penuh sampai bawah. Karena ketika Anda menginjak setengah saja, gigi tidak akan bisa Anda pindahkan dari netral ke gigi 1 dan sebaliknya.

Lalu setelah masuk gigi 1 dan dalam keadaan kopling terinjak penuh. Anda lepaskan secara perlahan sampai mobil bisa melaju sendiri tanpa Anda injak gas.

Setelah maju, baru kopling lepaskan sedikit-sedikit hingga mobil stabil. Dan ketika mobil sudah melaju dan untuk membuat mobil melaju lagi, Anda bisa gas sedikit demi sedikit hingga stabil.

Setelah stabil, untuk memindahkan ke gigi dua agar kecepatan bisa melaju lebih cepat, Anda bisa injak kopling secara penuh, lalu pindahkan kopling dari gigi 1 ke gigi 2.

Lalu seperti biasa, kopling dilepas secara perlahan lalu masukan gas dan rem untuk mengendalikan mobil.

Perlu diingat ketika akan melakukan pengereman, tekan kopling penuh. Baru Anda bisa tekan rem dengan perlahan dan disesuaikan dengan laju mobil Anda.

Cara Mengemudi Mobil Manual Tahap 3 : Belajar Berkendara di Gigi 1 sd 6

Setelah 1 jam mahir dalam mengemudikan mobil manual di gigi 1 dan 2, saatnya Anda melakukan pertemuan ketiga, yakni belajar berkendara mulai dari gigi 1 hingga 6.


Untuk mencoba mengendarai mobil manual di gigi 5 dan 6, Anda perlu mencoba ke jalan tol dalam mengendarainya. Karena gigi 5 dan gigi 6 diperuntukan khusus untuk laju kendaraan yang cepat diatas 60 km/jam.

Sedangkan dijalan biasa, Anda tidak bisa mengendarai mobil secepat itu.

Prinsipnya hampir sama dengan tahap kedua. Anda bisa mengendarai hingga gigi 4 di jalanan raya. Idealnya, di jalanan biasa Anda bisa gunakan gigi 1 hingga 3 untuk berkendara yang nyaman.

Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet (Tahap 4)

Untuk tahapan keempat, ini merupakan tahap yang cukup sulit dan membutuhkan keseriusan dalam belajarnya. Cara mengemudi mobil manual di jalan macet memiliki tingkat kesulitan 50 persen.

Ketika Anda sedang melaju pada kecepatan gigi dua dan kemudian jalanan menjadi macet. Anda bisa turunkan giginya menjadi gigi 1 dengan cara yang sudah kami sebutkan diatas di tahap pembelajaran jam pertama.

Lalu, Anda tinggal rem sedikit demi sedikit. Jika jalanan macet dan terus melaju. Anda biarkan mobil tetap pada posisi gigi 1 sambil tetap menekan kopling dan juga rem. Dalam hal ini, gas tidak diperlukan.

Terkecuali jika bagian depan Anda cukup jarak jauh, Anda bisa pacu gasnya untuk laju yang lebih cepat lagi.

Anda bisa memainkan antara kopling dan juga rem. Atau bisa juga Anda mainkan posisi kopling dan gas secara bersamaan.

Dengan menekan kopling lebih dalam dan melakukan rem, mobil akan berhenti. Untuk membuat ia maju kembali, lepaskan kopling sedikit dan tambahkan gas. Begitu terus prinsip dari mengemudi mobil manual.


Anda harus mengemudi mobil manual dengan perasaan dan hati yang lembut. Jadi, mengemudinya pun akan terasa enak dan tidak tergesa-gesa.

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan (Tahap 5 Part 1)

Cara mengemudi mobil manual di tanjakan

Nah, untuk tahapan kelima, hal ini merupakan part yang lebih sulit, namun lebih mending ketimbang part terakhir. Banyak yang gagal test dalam hal ini dan mobilnya malah mundur dan membahayakan pengguna lain.

Anda harus menyimak secara baik-baik part ini agar Anda jangan sampai salah dalam menekan kopling maupun gas dan juga rem.

Ketika melihat jalanan didepan sudah menanjak. Saatnya Anda turunkan kopling ke gigi 1 atau 2. Jika tanjakan sangat curam, disarankan menggunakan gigi 1.


Dan untuk tanjakan yang biasa saja dan tidak terlalu curam, Anda masih bisa menggunakan gigi 2. Perlu diperhatikan jika pada tanjakan curam, Anda bisa tekan gas saja dalam keadaan gigi 1 dengan stabil.

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan Macet (Tahap 5 Part 2)

Setelah Anda tahu cara mengemudi mobil manual di tanjakan, saatnya Anda mencoba spot baru. Yakni mengemudi manual di tanjakan macet.


Setelah menurunkan gigi hingga gigi 1, Anda bisa tahan kopling dengan menekan setengahnya lalu masukan gas sehingga mobil tetap di posisinya dan tidak mundur.

Jika Anda tidak menekan gas, artinya mobil akan mundur dan membahayakan pengendara lain. Jika kopling dilepas, artinya mobil akan mati.

Ada cara kedua yang lebih mudah ketika Anda terjebak dalam keadaan tanjakan macet. Anda tinggal tekan gas dan kopling. Lalu rem secara penuh, kemudian tarik juga rem tangan agar posisi mobil benar-benar diam dan gigi dalam posisi netral.

Kemudian, ketika jalanan kembali melaju. Anda bisa masukan gigi lagi dan perlu diingat. Masukan gas dulu hingga berbunyi seperti akan melaju, barulah Anda lepaskan rem tangan dan kaki dalam keadaan menginjak kopling setengah.

Dengan demikian, mobil akan melaju dan tidak akan mundur dan membahayakan pengendara lain.

Bagaimana Cara Parkir Mobil? (Part 6 : 1 Jam Terakhir)

Ini adalah part tersulit daripada mengemudi mobil manual di jalanan biasa. Anda harus mahir dalam melihat spion di kanan dan kiri. Anda juga harus belajar mengambil jarak antara kanan dan kiri.

Memang, memarkirkan mobil apalagi di tempat yang sempit membutuhkan kecerdasan yang brilian.

Tak hanya soal cerdas dalam mengemudikan mobil. Tapi cerdas juga dalam membuat jarak antara kanan, kiri, depan dan belakang sehingga tidak mengganggu pengendara lain.

Kesimpulan

Bagaimana setelah mengetahui dan memahami cara mengemudi mobil manual, apakah Anda tertarik untuk belajar mengemudikan mobil?

Jika Anda bisa dan mampu belajar sesuai dengan part yang sudah kami rangkum. Itu artinya Anda sudah berhasil menaklukan kecemasan Anda dan bisa mengendarai mobil manual hanya dalam waktu 6 jam.

Dan jangan lupa untuk selalu merawat mobil Anda dengan menggunakan shampoo touchless tanpa sentuh. Mobil bersih tanpa Anda sentuh sama sekali. Untuk detail produk, Anda bisa kunjungi Instagram kami dan channel youtube kami ya.


Dan untuk tutorialnya, Anda bisa lihat disini. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Salam dari kami #Grassteam !

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.