Cara Over Kredit Mobil Paling Aman, Ikuti Intruksinya Biar Gak Kena Blacklist BI

3 July 2020

Over kredit memang menjadi solusi bagi pemilik mobil yang sudah ingin menjual mobilnya karena berbagai macam hal. Baik itu karena desakan ekonomi atau sekedar ingin menjualnya dan menggantinya dengan mobil baru.

Tentu cara over kredit mobil pun harus sangat diperhatikan bagi Anda pembelinya. Karena banyak berbagai macam hal yang bisa terjadi diluar dugaan ketika Anda akan melakukan take over ke pembeli mobil Anda.

Apa saja kemungkinan terburuk yang terjadi akibat proses take over mobil? Dan bagaimana cara over kredit mobil paling aman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan?

1# Over Kredit Bagi Penjual : Pilihlah Pembeli Mobil Yang Memiliki BI Checking Baik

Untuk melaksakan over kredit, tentu harus mengetahui trik dan caranya. Bagi Anda yang ingin menjual mobil yang belum lunas.

Tentu Anda harus memilih pembeli yang memiliki bi checking yang baik. Apa itu bi checking? Dan apa gunanya untuk histori Anda sebagai pemilik mobil?

Ketika Anda akan melakukan over kredit. Tentu kredit tersebut atas nama tangan pertama, yakni Anda. Dan pembeli akan meneruskan membayar cicilan tersebut hingga lunas.

Ketika pembeli Anda tidak amanah bahkan tetap menggunakan nama Anda ketika sudah take over mobil dan ternyata menjadi debitur kredit macet.

Tentu yang dirugikan adalah nama Anda. Nama Anda akan tercoreng sebagai kreditur macet, padahal bukan Anda lagi pemiliknya.

Solusinya, ketika Anda akan over kredit. Anda jangan melakukannya dibawah tangan. Anda harus beritahu pihak leasing agar tahu bahwa bukan Anda lagi pemilik mobil dan Anda dibebaskan dari tuduhan ketika terjadi kredit macet menggunakan nama Anda.

2# Over Kredit Bagi Pembeli : Pilihlah Penjual Yang Memiliki Histori Baik, dan Tidak Ada Tunggakan Kredit

Mengapa sebagai pembeli wajib memilih orang yang memiliki histori baik dan tidak memiliki tunggakan kredit?

Tentu ketika Anda akan melakukan over kredit, akan ada beberapa biaya yang harus Anda bayar kepada pemilik mobil. Baik penggantian uang dp, maupun biaya administrasinya.

Mengapa Anda harus memilih pemilik mobil yang amanah? Hal ini dilakukan agar ketika ia akan melimpahkan kewajiban over kredit. Tidak ada biaya yang tertunggak yang menjadi kewajiban Anda kedepannya.

Jadi, pastikan bahwa semua pembayaran sudah selesai dan biarkan pemilik melunasi kewajibannya sebelum Anda meneruskan cicilan.

Itu adalah cara over kredit mobil terbaik yang tidak merugikan kedua belah pihak untuk kedepannya.

3# Pastikan Over Kredit Mobil Diketahui Oleh Pihak Leasing

Pastikan ketika Anda sebagai pemilik ataupun pembeli. Harus memastikan akad ini diketahui oleh pihak ketiga yang memberikan dana, yakni pihak leasing.

Ketika Anda malah melakukan over kredit dibawah tangan. Tentu segala kerugian, baik materil dan non materil akan dilimpahkan kepada satu pihak dimana tentu akan menimbulkan masalah dan kerugian di masa yang akan datang.

4# Jaga Hubungan Baik Antara Pemilik dan Pembeli Mobil

Menjaga silaturahmi antara kedua belah pihak menjadi satu satunya cara agar over kredit mobil berjalan aman hingga cicilan lunas. Menjaga hubungan baik pun akan menguntungkan ketika Anda akan mengganti nama kepemilikan mobil atau bahkan hal tak terduga yang akan terjadi di kemudian hari.

Kesimpulan

Cara over kredit mobil pun perlu sekali diperhatikan dengan seksama dan diikuti aturannya. Hal ini dilakukan agar kedua belah pihak merasa aman dan nyaman, sehingga akad pun akan berjalan lancar.

Jangan ada kebohongan bilamana mobil yang akan Anda jual mengalami hal buruk lainnya. Bagi pemilik mobil pun, berikan harga yang sepantasnya agar pembeli tidak merasa ditipu bahkan dirugikan.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.