Ternyata, Cover Mobil Bisa Bikin Mobil Jamuran Jika Penggunaanya Seperti Ini

20 February 2020

Cover mobil adalah salah satu aksesoris mobil yang didesain khusus untuk melindungi mobil dari sinar matahari yang terlalu terik dan juga cuaca yang esktrim.

Selain itu, cover mobil pun diklaim dapat melindungi mobil dari hujan secara optimal bahkan tidak akan menimbulkan goresan pada mobil Anda. Akan tetapi, tidak semua cover memiliki material yang baik untuk permukaan mobil.

Ada beberapa cover yang memiliki bahan yang tipis bahkan tidak lembut, sehingga menyebabkan permukaan cat rusak bahkan menimbulkan jamur karena membuat permukaan cat menjadi lembab.

Selain dari pemilihan bahan yang harus Anda perhatikan, Anda juga harus memastikan dari faktor lain, seperti berikut ini.

Faktor Penyebab Mobil Jamuran

1. Cover Mobil Bisa Bikin Mobil Jamuran Jika Kehujanan dalam Waktu Lama

cover mobil bisa jamuran jika penggunaanya seperti ini

Banyak orang yang menggunakan cover mobil untuk melindungi mobil dari panasnya terik matahari dan juga dari hujan. Banyak yang menggunakan ketika mobil akan ditinggal dalam jangka waktu yang lama. Seperti lebaran, misalnya.

Dan ternyata, jika cuaca sedang hujan dan mobil kehujanan akibat atap yang terbuka. Maka akan menyebabkan masalah lain pada permukaan mobil. Yakni mobil jadi jamuran akibat lembabnya cover yang Anda gunakan sehingga tumbuhlah jamur pada setiap bodi yang menjadi sarang air karena adanya hujan.

Anda bisa melihat ada tidaknya jamur pada permukaan dengan melihat secara seksama bercak warna putih yang sedikit berbulu. Itu tandanya mobil Anda jamuran dan harus segera Anda bersihkan.


Alangkah lebih baik, gunakan cover mobil hanya dalam keadaan cuaca kemarau. Sehingga hal tersebut tidak membuat permukaan mobil lembab yang ujungnya akan timbul jamur.

Dan untuk membersihkan jamur pun membutuhkan perhatian khusus dengan biaya yang tidak sedikit. Anda bisa ke salon mobil untuk memperbaikinya.

2. Cover Mobil Bisa Membuat Cat Mobil Menguning

cover mobil menguning

Ketika udara diluar lembab, ditambah kendaraan Anda menggunakan cover mobil dalam jangka waktu yang lama. Biasanya akan menimbulkan zat yang ada pada cat mobil keluar dan mengakibatkan adanya bercak-bercak menguning pada cat mobil khususnya pada cat mobil dengan warna yang cerah.

Pernahkah Anda menemukan mobil dengan cat putih namun ada bercak bercak kuning? Nah itu merupakan salah satu penyebab mengapa Anda lebih baik menggunakan cover mobil yang berkualitas tinggi.

Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, Anda bisa membeli ke toko terdekat atau ke beberapa situs penyedia peralatan mobil, seperti olx mobil misalnya.

Karena jika bahannya tidak bagus, maka akan menimbulkan masalah lain yang bisa menguras budget Anda.

Jika sudah menguning, solusi terbaik untuk mengembalikan warna cat adalah dengan melakukan body repair atau cat ulang mobil dengan harga yang tidak sedikit.

Jika kualitas catnya bagus, Anda bisa merogoh kocek hingga 3 juta rupiah. Tergantung dari panel dan kondisi bercak kuningnya yang ada pada mobil Anda.

3. Perhatikan Materialnya : Harus Anti Air

cover mobil yang baik adalah yang anti air

Material cover yang baik dan tidak menimbulkan permasalahan seperti bercak-bercak dan juga jamur adalah Anda harus sangat memperhatikan dari segi bahan alias materialnya.

Ketika Anda hanya mengandalkan harga murah dengan bahan parasut atau sejenisnya, itu akan menimbulkan banyak permasalahan pada mobil.

Seperti mobil jadi jamuran, ada bercak bercak menguning pada mobil, bahkan jika bahannya kasar akan menimbulkan banyak baretan pada permukaan mobil.

Oleh karena itu, pilihlah bahan yang memiliki kualitas yang tinggi dan anti air. Sehingga ketika mobil Anda menggunakan cover dengan atap rumah terbuka, air hujan tidak akan membasahi cover mobil.


Dan mobil pun aman walaupun cover kena air, karena bahannya yang anti air dan tidak melembabkan permukaan mobil.

Harga cover dengan kualitas yang baik bisa mencapai hingga 1 juta rupiah. Sedangkan untuk material bahan parasut yang bisa membuat jamuran jika kehujanan harganya sangat murah, hanya 150 ribu saja dan bisa ditemukan di berbagai marketplace online.

4. Gunakan Pelapis Permukaan Mobil Terbaik untuk Melindungi Mobil

cover-mobil

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk melindungi mobil dari jamur dan juga kontamin lainnya adalah dengan menggunakan bahan pelapis permukaan agar cat terlindungi dari berbagai kontaminan maupun kotoran yang diakibatkan dari faktor lingkungan.

Rekomendasi dari kami untuk melindungi permukaan mobil dari debu, kotoran, dan kontamin lainnya adalah dengan menggunakan produk Hydro Polimer dari Grass Indonesia.

Dengan demikian, permukaan mobil akan lebih terproteksi lagi dari berbagai faktor eksternal yang bisa merusak cat mobil.

Mobil pun tetap mengkilap tanpa takut berjamur dan berbagai kemungkinan terburuk lainnya.

Cover Mobil Krisbow

Ada berbagai macam cover yang bisa Anda pilih dengan bahan dan kualitas yang terbaik. Dan merk krisbow merupakan salah satu pilihan terbaik dengan kualitas yang cukup mumpuni.

Soal harga, kami sudah cek di situs online bahwa untuk merk krisbow, harganya mencapai 600 ribu rupiah dan itu menggunakan bahan polyester.

Sedangkan untuk merk lain, Anda bisa menemukan harga dibawah harga krisbow dan ada juga yang harganya mencapai jutaan rupiah sesuai dengan data yang kami sebutkan diatas.

Cover Mobil Digunakan untuk Outdoor Saja

Sebagai informasi tambahan, cover pada mobil memang diperuntukan untuk aktivitas di luar ruangan alias outdoor saja. Karena ia dibuat untuk digunakan diluar dan melindungi permukaan mobil dari panas dan hujan.

Sehingga, untuk digunakan dalam ruangan, cover ini tidak cocok dan kurang bermanfaat pemakaiannya.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.