Tak Punya Garasi, Tapi Punya Mobil? Siap-Siap Kena Denda 2 Juta Rupiah

9 March 2020


Garasi mobil sejatinya digunakan untuk Anda yang memiliki kendaraan agar menghindari terjadinya pencurian ketika diparkir diluar rumah.

Namun, banyak sekali warga yang mengeluhkan banyaknya mobil yang tidak memiliki garasi.

Yang menyebabkan banyak mobil terparkir sembarangan di badan jalan. Dan pada akhirnya dapat mengganggu aktivitas pengguna jalan lainnya.

Tak Punya Garasi Mobil : Siap Siap Denda 2 Juta Didepan Mata Anda

mobil yang terparkir diluar karena tidak ada garasi mobil


Tentu jika hal tersebut terjadi, pasti banyak yang merasa kerugian atas jalan yang seharusnya digunakan untuk fasilitas umum. Ternyata malah digunakan dan dimanfaatkan untuk menjadi garasi pribadi.

Ini terlihat sangat no sense sekali. Oleh karena itu, akhirnya pemerintah pun memberlakukan peraturan perundang-undangan mengenai transportasi yang dituangkan di Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014.

Sangat jelas disebutkan pada pasal 140 bahwa pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki garasi. Selain itu juga, kedepannya orang yang akan membeli kendaraan diwajibkan melampirkan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.

Berikut ini akan kami lampirkan isi dari Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 mengenai kewajiban memiliki garasi, sebagai berikut.

Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014
Pasal 140


Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

 

Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik Jalan.

 

Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraanya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari Kelurahan setempat.


Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan Kendaraan Bermotor diatur dengan peraturan Gubernur.

Setelah melihat Perda yang sudah disebutkan diatas disimpulkan bahwa kedepannya. Untuk membeli kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor wajib menyertakan surat kepemilikan garasi. Jika tidak, makan orang tersebut tidak dapat membeli kendaraan.

Nah, untuk dendanya sendiri. Telah disebutkan juga di Perda Nomor 02 tahun 2012 bahwa jika pemilik kendaraan bermotor tidak memiliki garasi, akan dikenakan denda hingga 2 juta rupiah. Tentu denda tersebut bukan uang kecil, sehingga bagi Anda yang berencana ingin membeli motor atau membeli mobil.

Persiapkan terlebih dahulu garasi mobilnya, baru Anda bisa membeli kendaraannya.

Lalu, Bagaimana Solusi Agar Tidak Kena Denda Karena Tidak Memiliki Garasi?

mobil yang terparkir di bahu jalan


Ketika Anda sudah kadung membeli kendaraan akan tetapi tidak memiliki garasi mobil, ada beberapa tips agar Anda tidak kena denda karena memarkirkan kendaraan di sembarang tempat yang bisa menggganggu aktivitas pengendara lain.

Biasanya, yang paling sering memarkirkan kendaraan di badan jalan adalah pemilik kendaraan bermobil. Hal tersebut terjadi karena mobil memiliki ukuran yang besar. Sedangkan pada beberapa rumah ada yang tidak memiliki garasi mobil sehingga terpaksa terparkir di pinggir jalan.

Berbeda dengan kendaraan bermotor yang sangat mudah untuk mendapatkan tempat parkir karena ukuran yang tergolong kecil. Sehingga kebanyakan yang melanggar Perda ini adalah pemilik mobil yang tak memiliki garasi.

Oleh karena itu, #Grassteam perlu tahu nih solusi paling mudah agar mendapatkan garasi mobil sehingga Anda tidak kena denda, yakni sebagai berikut.

1. Sewa Garasi Di Lingkungan Sekitar

ilustrasi mobil yang akan diparkirkan


Sewa garasi mobil di sekitar rumah menjadi solusi paling mudah ketika Anda memiliki mobil namun tidak memiliki garasi. Untuk sewa garasi, Anda bisa membayar setiap bulan sehabis Anda gajian.

Harga sewa garasi mobil pun berbagai macam harganya. Mulai dari 400 ribu per bulan hingga 600 ribu perbulan. Tergantung dari seberapa besar ukuran garasi yang Anda sewa. Dengan demikian, Anda terhindar dari denda yang akan menghantui Anda setiap harinya.

Sebaiknya, Anda bisa menyewa garasi mobil yang dekat dengan posisi rumah, sehingga memudahkan Anda ketika akan berkendara karena lokasinya yang berdekatan.

2. Memanfaatkan Lahan Kosong yang Sudah Disetujui Warga

mobil yang terparkir depan rumah


Selain cara pertama, ada cara kedua yang paling mudah untuk Anda memarkirkan kendaraan selagi Anda tak memiliki garasi mobil. Yakni memanfaatkan lahan kosong yang ada di area rumah.

Biasanya, di berbagai perumahan di kota. Banyak juga tersedia lahan kosong yang bisa digunakan untuk fasilitas umum. Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk memarkirkan kendaraan Anda sebagai garasi mobil Anda.

Akan tetapi, hal itu bisa dilakukan atas persetujuan dari warga. Biasanya akan ada biaya restribusi untuk warga, yang dananya akan dimasukan pada pendapatan warga yang bisa digunakan untuk kepentingan umum.

3. Merenovasi Rumah Agar Memiliki Garasi Mobil

merenovasi rumah agar mendapatkan garasi mobil jadi satu satunya cara untuk membuat kendaraan lebih aman


Nah, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan merenovasi rumah agar bisa memiliki garasi sendiri. Cara terakhir ini terbilang cara paling mahal, namun Anda tak perlu lagi takut kena denda karena tidak memiliki garasi.

Selain itu, memiliki garasi mobil sendiri bisa dibilang investasi jangka panjang. Karena Anda tak perlu lagi menyewa garasi mobil milik orang lain selamanya hingga bertahun-tahun lamanya.

Biaya merenovasi rumah untuk dijadikan garasi pun tergolong mahal. Mungkin biayanya bisa mencapai 10 hingga 20 juta rupiah. Namun dengan biaya yang tergolong besar, Anda tak perlu takut mobil hilang karena mobil terparkir di garasi milik Anda sendiri.

Kesimpulan


Dengan berbagai peraturan daerah mengenai wajib hukumnya memiliki garasi mobil. Baik untuk mobil mewah, mobil balap, bahkan mobil murah sekalipun. Semoga bisa memberikan banyak informasi dan wawasan bagi Anda.

Sehingga Anda bisa berpikir ulang untuk menyiapkan garasinya sebelum Anda memutuskan untuk membeli kendaraannya.

Selain menyiapkan garasi mobil, Anda pun harus menyiapkan juga keperluan untuk perawatan mobil secara mandiri. Seperti merawat mobil dengan shampoo mobil terbaik yang dapat membersihkan kotoran yang membandel.

Bahkan saat ini, ada shampoo mobil tanpa sentuh pertama di Indonesia yang bisa mencuci mobil tanpa perlu disentuh sama sekali. Produk tersebut bernama Active Foam Series dari Grass Indonesia.

Anda cukup semprotkan shampoo dan air dengan perbandingan yang sesuai. Lalu tunggu hingga 2 menit sampai kotoran terikat oleh shampoo touchless. Tanpa perlu digosok menggunakan spons, bilas mobil dengan air hingga bersih.

Tentu dengan mencuci mobil menggunakan shampoo touchless selain menghemat waktu, juga dapat menghemat tenaga. Penasaran ingin mengetahui bagaimana shampoo ini merontokkan kotoran tanpa Anda sentuh? Silahkan Anda lihat berbagai katalog produk disini.

Sedangkan untuk order, Anda bisa lihat langsung di marketplace kami yang saat ini ada di Tokopedia dan juga blibli.com.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.