Kredit Mobil Syariah: Solusi Memiliki Mobil Tanpa Riba, Begini Hitungannya

12 March 2020

Kredit mobil syariah memang sangat menarik untuk diperbincangkan saat ini. Karena, kredit ini menjadi salah satu solusi terbaik bagi Anda yang ingin memiliki mobil namun terbatas pada dana.

Sehingga mau tidak mau mengambil kredit adalah solusi terbaik untuk memiliki mobil idaman.

Tak jarang orang memilih kredit syariah karena dinilai lebih aman dan juga terhindar dari riba. Terus apa bedanya kredit syariah dan kredit mobil konvesional dari segi cicilan dan juga bunga?

Mari Anda simak perbedaan mendasar antara kredit syariah dan kredit konvesional pada artikel dibawah ini.

Kredit Mobil Syariah vs Kredit Mobil Konvensional

perbedaan kredit mobil syariah vs konvensional

1. Kredit Mobil Syariah Menggunakan Prinsip Akad Mudharabah

pembelian mobil dengan cara kredit

Sebagaimana dengan kredit yang berlandaskan syariah. Kredit ini memiliki perbedaan yang mendasar dengan konvesional.

Jika pada konvensional Anda harus menerima berapapun suku bunga yang diberikan oleh pihak bank. Berbeda dengan kredit mobil syariah yang sudah ditentukan dari awal berapa keuntungan yang akan didapat oleh pihak bank.

Sehingga setelah pihak bank dan juga Anda sebagai kreditur sudah menyepakati mengenai margin keuntungan bank. Maka Anda tinggal melakukan akad kredit yang cicilannya pun akan bersifat tetap setiap bulannya.

2. Kredit Mobil Syariah Memiliki Cicilan Flat Setiap Bulannya

kredit mobil syariah memiliki cicilan flat

Berbeda dengan cicilan mobil yang menggunakan kredit konvensional. Cicilan mobil menggunakan sistem syariah akan tetap setiap bulannya. Sehingga Anda tak perlu takut adanya perubahan pada cicilan.

Karena memang dari awal sudah disepakati bersama mengenai margin dan keuntungan pihak bank.

Contoh sederhananya adalah Anda akan membeli mobil dengan harga 100 juta. Dengan menggunakan prinsip mudharabah, bank akan mengambil margin senilai 20 juta rupiah.

Jadi total yang harus Anda bayar adalah senilai 120 juta rupiah. Karena Anda mengambil tenor cicilan selama 5 tahun. Maka yang akan Anda bayar perbulannya adalah 120 juta dibagi dengan 60 bulan, yakni 2 juta rupiah per bulannya.


Pembayaran tersebut bersifat flat sesuai dengan kesepakatan bersama antara Anda dan juga pihak bank sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

3. Kredit Mobil Konvensional Menggunakan Bunga Sebagai Standar Peminjaman Bank

ilustrasi kredit mobil

Untuk kredit mobil konvesional, biasanya sudah ada standar bunga bank yang harus Anda terima dari awal yang menyebabkan cicilan per bulan yang terkadang melonjak sesuai dengan inflasi Bank Indonesia.

Bunga pada setiap bank berbeda. Idealnya, bunga pada bank sekitar 9 hingga 11 persen per tahun. Namun ada beberapa bank yang memberlakukan sistem bunga per bulan.

Biasanya bunga bank idealnya mulai dari 1% per bulan bahkan 3% persen per bulan. Tergantung dari jenis kredit yang Anda ambil.

4. Cicilan Kredit Konvesional Bisa Berubah Sesuai Inflasi Bank Indonesia

akad kredit mobil

Tidak seperti pada kredit mobil syariah yang menganut sistem bunga flat. Pada kredit konvensional. Biasanya cicilan bisa berubah-ubah sesuai dengan inflasi bank Indonesia.

Biasanya, hal inilah yang membuat kreditur agak kesulitan untuk menyicil karena sering adanya perubahan cicilan yang tiba-tiba dan tak terduga.

Jika sudah begini, siapa yang dirugikan?

Manakah Kredit Mobil Terbaik Diantara Keduanya?

kredit mobil syariah

Jika dibandingkan antara kredit mobil syariah dengan kredit mobil konvensional. Memang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Namun jika diteliti lebih jauh untuk menghindari riba. Sebaiknya Anda memilih kredit mobil syariah untuk memiliki mobil tanpa riba.

Pasalnya, kredit mobil syariah sudah ditentukan berapa keuntungan yang akan bank ambil sedari awal. Dan biasanya, keuntungan tersebut digunakan untuk sesuatu hal yang halal sehingga terhindar dari riba.

Dengan begitu, Anda akan semakin tenang jika melakukan kredit mobil syariah karena terhindar dari sistem riba.

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbedaan antara kredit mobil syariah dan juga kredit mobil konvensional. Anda bisa menyimpulkan mana yang terbaik untuk kredit kepemilikan mobil.

Sehingga Anda pun terbebas dari riba dan bisa menikmati kendaraan dengan tenang dan juga bahagia.

Jika Anda ingin mencoba kredit secara online, Anda bisa mencoba via olx mobil yang bekerjasama dengan berbagai leasing.

Dan jika Anda telah memiliki mobil idaman yang Anda punya, saatnya merawat mobil dengan menggunakan shampoo terbaik.

Saat ini, metode pencucian touchless sangat direkomendasikan untuk merawat bodi mobil agar terhindar dari baret halus, menghemat waktu dan juga tenaga.

Metode tanpa sentuh ini bisa dilakukan dengan menggunakan shampoo touchless yang mampu membersihkan kotoran tanpa sentuh.

Produk tersebut bernama Grass Indonesia. Produsen shampoo touchless ini diklaim mampu mencuci mobil tanpa sentuh yang bisa menghemat waktu, tenaga dan juga uang Anda.


Penasaran dengan kehebatan produk dari kami? Silahkan Anda kunjungi marketplace kami untuk melihat katalog produk beserta fungsinya ya.

Sedangkan untuk harganya, Anda bisa langsung melihatnya di marketplace kami yang saat ini ada di Tokopedia dan juga blibli.com.

Salam dari kami untuk Sahabat #Grassteam!

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.