Mobil Matic vs Mobil Manual: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mengendarainya

26 March 2020

Mobil matic memang menjadi salah satu kendaraan yang paling mudah untuk dioperasikan. Pasalnya, sesuai dengan namanya. Matic memang diperuntukan khusus untuk pengendara yang ingin berkendara dengan lebih mudah dan tidak melelahkan.

Berbeda dengan mobil manual yang harus sering mengganti persneling atau gigi. Untuk matic, cukup memindahkan pada persneling “Drive”, otomatis mobil akan melaju tanpa harus pindah gigi.

Sangat mudah dalam pengoperasiannya. Akan tetapi jika dibandingkan antara mobil matic vs mobil manual. Memang banyak sekali kelebihan beserta kekurangannya.


So sebelum memutuskan untuk membeli mobil, sahabat Grass perlu membaca artikel ini terlebih dahulu agar dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

1. Mobil Matic Lebih Mudah Dioperasikan

Mobil matic diklaim merupakan mobil paling mudah untuk dioperasikan bahkan oleh orang yang tidak mengerti cara mengendarainya sama sekali.

Berbeda dengan mobil manual yang sangat sulit cara mengemudinya di awal pertama berkendara. Matic sangat mudah bahkan oleh orang awam yang sulit belajar mobil manual.

2. Tidak Bikin Pegel Kaki Karena Tidak Ada Injakan Kopling

Menggunakan matic memang sangat menghemat tenaga. Tidak seperti pengoperasian gigi yang lebih sering membuat kaki pegal. Mengendarai matic cukup menggunakan satu kaki saja, yakni kaki kanan.

Kaki kiri bisa Anda bebaskan, karena Anda tak perlu sering menginjak kopling karena memang tidak ada kopling pada sistem mobil matic.

Kaki kanan bisa digunakan untuk menginjak antara gas dan rem secara bergantian. Sangat mudah dan tidak melelahkan, apalagi jika Anda sering berkendara dalam jarak tempuh yang cukup jauh.

3. Mobil Matic Lebih Boros BBM

Tidak seperti mobil manual yang lebih irit bbm, pada matic karena dia menggunakan sistem transmisi otomatis. Tentunya membutuhkan energi yang jauh lebih besar yang berakibat pada konsumsi bahan bakar yang tergolong boros dan cukup menguras budget Anda.

Sehingga, ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil matic. Anda perlu siap dana besar karena akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar setiap harinya, apalagi jika cc mobil tinggi. Semakin tinggi cc mobil, maka konsumsi bbm nya akan semakin melunjak.

Anda bisa temui beberapa mobil mewah yang lebih sering menggunakan transmisi matic ketimbang menggunakan manual.

4. Mobil Matic Lebih Mudah Rusak

Tidak seperti mobil manual yang tergolong lebih bandel dan tidak mudah rusak. Pada matic, jika Anda sering melakukan rem mendadak bahkan sering mengendarai mobil dengan tidak konstan.


Akan banyak berpengaruh pada kinerja mesin yang berakibat seringnya melakukan perawatan dan servis yang membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada perawatan mobil manual.

Dan biasanya, jika salah satu saja komponen mobil rusak. Maka akan berakibat pada rusaknya komponen lain atau banyak kendala yang akan terjadi kedepannya.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Manual

1. Mobil Manual Sangat Irit BBM dan Harganya Lebih Murah dari Matic

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa mobil manual tentunya sangat irit bbm. Kenapa bisa demikian? Adanya persneling pada mobil manual membuat mobil akan sedikit sekali menggunakan rem. Karena kopling bisa menjadi pengganti rem pada mobil manual.


Sehingga mobil manual pun irit bbm. Selain itu, mobil manual sering dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan mobil matic.


Anda bisa melihat perbedaan harga ketika Anda melihat brosur di berbagai dealer mobil. Biasanya, untuk tipe yang sama hanya berbeda transmisinya. Bisa berbeda harga hingga 10 juta rupiah.

So, bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan harga yang murah, Anda bisa memilih transmisi manual ketimbang transmisi matic.

2. Mobil Manual Lebih Tahan Banting

Mobil manual terkenal lebih tahan banting dan tidak mudah rusak. Tidak seperti matic yang sering mengalami kendala pada transmisinya. Mobil manual jauh lebih aman dan jarang rusak.

Akan tetapi itu semua kembali pada bagaimana cara Anda berkendara. Semakin konstan Anda berkendara, maka mobil pun akan awet dan tidak memiliki kendala atau kerusakan yang berarti.

3. Mobil Manual Bikin Capek Kaki Kiri Karena Harus Menginjak Kopling

Berbeda dengan matic yang jauh lebih mudah dan gak bikin pegal kaki. Mobil manual justru lebih sering membuat Anda lelah sebagai penggunanya.

Hal ini disebabkan karena Anda harus sesering mungkin menginjak kopling dan mengganti persneling pada saat berkendara.

Apalagi jika Anda melewati jalanan yang ekstrem, Anda akan sering mengalami capek dan pegal pada kaki kiri karena harus menahan kopling dan bersamaan dengan rem di jalanan yang menanjak dan juga macet.

4. Mobil Manual Lebih Sulit Seperti Belajar Motor Kopling

Siapa sangka, banyak orang yang akhirnya beralih menggunakan mobil matic dikarenakan kesulitan dalam belajar mengendarai mobil manual.

Sehingga butuh kesabaran ekstra jika Anda ingin bisa mengemudi mobil manual. Anda bisa membaca artikel dari kami mengenai cara mengemudi manual hanya dalam waktu 6 jam bagi Anda yang belum bisa mengendarainya.

Cara Mengendarai Mobil Matic

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan antara mobil matic vs mobil manual, saatnya Anda mencoba dan cari tahu bagaimana cara mengendarai matic dengan benar.

Tidak seperti mobil manual yang membutuhkan waktu yang lebih lama dan fokus. Matic diklaim lebih mudah dipahami dan tentunya Anda pun akan mahir mengendarai dalam waktu beberapa jam saja yang bisa dibagi dalam beberapa hari.


Dan kami akan memberikan informasi tersebut pada Anda, dan silahkan simak baik-baik cara mengendarai mobil matic yang baik dan benar, sehingga Anda akan mahir dalam menggunakannya.

1. Pertama-tama, Anda harus mengenal persneling pada mobil matic yang terdiri dari P untuk parkir, D alias Drive untuk berjalan yang biasanya dibagi menjadi tiga D, yakni D1, D2 dan D3.

2. Lalu ada juga persneling R yang digunakan khusus untuk mundur. Biasanya hanya digunakan ketika Anda akan memarkirkan mobil dan perlu untuk memundurkan kendaraan. Lalu ada N alias Netral yang digunakan jika jalanan macet hingga berhenti.

3. Setelah mengetahui beberapa fungsi yang ada pada mobil matic, saatnya Anda beraksi. Pertama-tama, Anda menyalakan mesin sambil menginjak pedal rem.

4. Kemudian untuk membuat mobil maju, Anda pindahkan persneling yang awalnya P, menjadi D atau D1 untuk dijalankan.

Perlu diperhatikan, ketika akan memindahan ke posisi D, Anda harus sambil menekan rem dan kemudian lepaskan pelan-pelan. Baru injak gas sedikit demi sedikit hingga mobil maju secara konstan.

5. Persneling D1 bisa diibaratkan gigi 1 pada mobil manual yang artinya adalah. Penggunaan D1 dan D2 selayaknya gigi 1 dan gigi 2 untuk mengendarai mobil matic pada jalanan lancar dan tidak terlalu cepat. Jika ingin cepat Anda bisa pindahkan ke gigi D3.

6. Jika Anda menemukan jalanan macet, Anda bisa pindahkan ke persneling D hingga benar benar mobil berhenti.

7. Untuk jalanan menanjak, Anda bisa gunakan D1 atau L yang mempunyai fungsi gigi 1 pada mobil manual.

8. Dan untuk parkir, Anda bisa gunakan persneling P untuk mobil benar-benar berhenti.

List Mobil Matic Murah Tahun 2020

Bagaimana setelah melihat urutan cara mengendarai matic dengan benar? Sangat simple dan mudah jika dibandingkan dengan mengendarai mobil manual yang lebih kompleks dan juga melelahkan.

Jika Anda sudah memutuskan untuk memilih matic sebagai teman Anda berkendara, saatnya Anda mengetahui list mobil matic murah yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin membeli mobil ini.

Dan kami akan merangkumnya dibawah ini.

  1. New Ayla 1.0 M AT E4 131.050.000.-
  2. Panca 1.2 A 118.500.000.-
  3. Datsun Go+ A MT 121.890.000.-
  4. Sigra 1.2 X AT MC 153.550.000.-
  5. Satya E CVT 170.000.-
  6. Toyota AgyaG 1.2 AT @ 171.083.000
  7. Toyota Calya G AT @ 173.660.500

Diantara ketujuh mobil yang telah disebutkan diatas, ternyata new ayla menjadi satu-satunya matic berkapasitas 5 penumpang yang sangat murah jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Anda bisa mendapatkan mobil matic baru 1000 cc ini dengan harga 131 juta saja. Sedangkan, untuk harga termahalnya ada di merk Toyota Calya yang memiliki harga 173 juta rupiah yang berkapasitas 7 penumpang.

Setelah melihat list harga mobil matic murah, diharapkan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membeli mobil baru. Dan ketujuh mobil diatas merupakan mobil lcgc yang hemat bahan bakar dan memiliki harga yang murah.

Penutup

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan matic. Saatnya Anda memutuskan untuk memilih produk shampoo mobil terbaik yang cocok untuk mobil Anda.

Saat ini, ada shampoo touchless yang ampuh membuat mobil kinclong dan bersih tanpa Anda sentuh sama sekali. Produk tersebut adalah shampoo touchless dari Grass Indonesia.

Grass Indonesia menjual shampoo mobil terbaik yang bisa digunakan cukup hanya disemprot saja tanpa perlu disentuh. Setelah shampoo dicampur dengan air menggunakan perbandingan yang disarankan.

Maka tinggal Anda semprotkan menggunakan foam lance. Tunggu hingga 2 menit, kemudian bisa langsung menggunakan air.

Sangat mudah digunakan dan juga menghemat waktu. Anda bisa menyelesaikan cuci mobil tanpa perlu kotor-kotoran. Sangat menghemat tenaga dan juga uang karena bisa dilakukan secara mandiri.

Untuk info selengkapnya mengenai produk shampoo dari Grass, Anda bisa mengunjungi website Grass Indonesia atau untuk pembelian pun bisa langsung Anda beli di official marketplace kami yang ada di blibli dan juga tokopedia.


Dan untuk mengetahui cara penggunaanya, Anda bisa lihat official channel youtube kami disini. Mari ubah kebiasaan mencuci mobil yang melelahkan dan sangat lama dengan beralih menggunakan produk dari Grass Indonesia.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.