Mobil Polisi Terbukti Bikin Pelanggar Lalu Lintas Deg Deg Ser Dibuatnya

18 March 2020


Mobil polisi sangat identik dengan hal-hal menyeramkan yang membuat pelanggar dibuat takut duluan.

Pasalnya, jika awal bulan atau akhir bulan. Biasanya polisi akan melakukan operasi razia bagi pengendara yang melanggar lalu lintas.

Seperti tidak menggunakan helm, tidak membuat surat-surat lengkap bahkan pajak kendaraan bermotor yang telat dan belum dibayar. Dan masih banyak pelanggaran lain yang membuat pelanggar sudah KO duluan ketika ada penampakan mobil tersebut di jalanan.

Usut punya usut. Tidak setiap saat ketika Anda melihat mobil polisi akan terjadi operasi razia. Terkadang polisi hanya memarkirkan mobilnya ketika akan menertibkan lalu lintas saja.

Seperti di jalanan besar yang sering terlihat ada mobil tersebut adalah di Jalan Utama Pajajaran Bogor dan juga Jalan yang akan menuju Kebun Raya Bogor, misalnya.

Disana sering sekali ada mobil polisi namun mereka tidak melakukan razia terhadap pengendara. Polisi hanya menertibkan lalu lintas sesuai SOP yang diberikan.

Mengapa Banyak Pelanggar Lalu Lintas Sudah KO Duluan Ketika Melihat Mobil Polisi?


Sudah seperti hukum alam, ada dua tipe pengendara dijalanan. Yakni pengendara yang tertib dan pengendara yang tidak tertib.

Makan boleh sama menggunakan nasi, namun perlakuan tiap pengendara akan berbeda ketika di jalanan. Begitulah analogi sederhananya.

Ketika dijalan ada pengendara yang ugal-ugalan bahkan terkesan dapat membahayakan pengendara lain. Maka polisi berhak melakukan tilang.

Biasanya, pengendara yang merasa punya salah. Lalu melihat penampakan mobil polisi didepan matanya. Biasanya dia ngacir duluan dan terkesan tidak santai ketika di jalan.

Tindakan tersebut sudah menjadi naluriah seorang manusia ketika merasa melakukan kesalahan ataupun pelanggaran dalam berkendara.

Akibatnya, pelanggar tersebut terkena razia dan harus membayar denda dan melakukan sidang yang tidak hanya merugikan dari segi materi. Namun dari segi waktu juga.

Apa yang Seharusnya Anda Lakukan Ketika Melihat Mobil Tersebut?


Tidak ada yang perlu dilakukan selain berkendara dengan aman, tenang, fokus, nyaman dan tidak membahayakan pengendara lain.

Tidak perlu deg-deg ser jikalau memang Anda tertib lalu lintas dan tidak melanggar aturan UUD yang telah ditetapkan.

Setidaknya, Anda harus tahu dasar-dasar hukum dalam berkendara. Sehingga Anda pun terhindar dari tilang yang bisa merugikan diri Anda sendiri.

Ketika Anda melihat mobil polisi terlihat buru-buru dijalan dan memaksa Anda harus menepi. Ikuti saja prosedurnya.

Toh jika Anda tidak bersalah dalam berkendara, maka Anda pun akan terbebas dari tilang dan pelanggaran lain.

Sehingga, kunci utamanya dalam berkendara adalah ikuti aturan dalam berkendara. Dengan demikian, walaupun banyak berseliweran mobil polisi. Anda tetap tenang karena Anda merupakan pengendara yang tertib lalu lintas.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.