Sejarah Mobil: Asal Mula, Penemu, dan Perkembangannya Hingga Kini

9 April 2020

Sejarah mobil dari awal ditemukan hingga saat ini begitu sangat panjang dan juga berliku. Banyak sekali penemu mobil ini yang berasal dari Amerika dan juga Eropa.

Namun, seiring berjalannya waktu. Mobil tentunya memiliki banyak perkembangan yang awalnya diciptakan menggunakan tenaga uap. Kini mobil yang Anda nikmati sudah bisa menggunakan bahan bakar bensin untuk menghidupkan mesinnya.

Kata “mobil’ sendiri awal mulanya berasal dari Bahasa Belanda yakni Automobile, yang berarti merupakan kendaraan yang dapat digerakan menggunakan mesin dan memiliki roda dengan jumlah yang genap.

Kata “mobil” sendiri merupakan kependekan dari Bahasa Yunani yang awalnya Otomobil menjadi mobil yang artinya bergerak sendiri.

Sejarah Mobil: Siapa yang Menciptakan? Orang Amerika atau Orang Eropa?

Banyak yang menduga bahwa sejarah diciptakannya mobil berasal dari Amerika.

Padahal sejatinya, penemu mobil yang menggunakan bahan bakar bensin untuk menggerakan mesin awalnya diciptakan oleh orang Jerman pada tahun 1886, yakni Karl Benz di Mainheim. Dan juga Daimler Bersama William Maybach di Stuttgart.

Karl Benz bersama dengan dua temannya menciptakan mobil motor roda tiga dengan bahan bakar bensin yang dikenal sebagai Motorwagen.

Dan mobil tersebut merupakan mobil modern pertama yang bentuknya mirip seperti becak namun sudah menggunakan bensin sebagai tenaga penggeraknya.

Karl Benz mampu mematenkan sistem throttlenya, busi, gigi, radiator air dan beberapa komponen vital pada mobil. Dan perusahaan mobil Daimler Group merupakan perusahaan yang dibuat oleh mereka yang ada hingga saat ini.

Mercedez 1901 yang dirancang oleh Daimler besama William merupakan mobil modern pertama yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada tahun tersebut.

Tidak ada yang bisa menandingi keunggulan desain Eropa yang terpancar dari mobil Mercedez yang sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni seperti memiliki 1 silinder, tiga tenaga kuda, kemudi berayun, dashboard yang bentuknya hanya merupakan kereta kuda bermotor.

Hingga akhirnya mobil diproduksi secara massal di Amerika.

Sejarah Mobil di Amerika

Sebenarnya, mobil pertama di Amerika sudah diciptakan pada tahun 1798 oleh Oliver Evans, namun masih menggunakan tenaga uap sebagai penggerak mesinnya.

Namun, pada tahun 1902. Satu tahun setelah adanya Mercedez, perusahaan mobil asal Amerika, yakni Oldsmobile dikembangkan secara massal oleh Henry Ford dan juga William Durrant.

Yang dapat menghasilkan 2500 kendaraan bermotor dan bersaing untuk mendapatkan perhatian masyarakat dunia.

Setelah itu, Henry Ford pun memperkenalkan mobil model T, sedangkan William Durrant mendirikan perusahaan General Motors yang ada hingga saat ini.

Model T saat itu memiliki desain dan spesifikasi yang cukup lengkap.

Namun pada tahun 1908, Ford Motor Company yang didirikan oleh Henry Ford mulai memperkenalkan mobil model T yang memiliki spesifikasi yang lebih tangguh dengan memiliki empat silinder, dua puluh tenaga kuda dengan harga hanya 825 dolar atau setara dengan 12.375.000 rupiah (jika 1 dolar adalah 15.000 rupiah).

Perkembangan Sejarah Mobil dari Dulu Hingga Saat Ini

Setelah berkembangnya mobil yang awalnya diciptakan di Eropa, lalu diproduksi massal oleh Amerika. Ternyata Jepang pun menjadi produsen mobil terkemuka di dunia pada tahun 1980.

Dengan adanya pesaing baru di industri otomotif, membuat Amerika dan produsen lainnya terus menerus mengembangkan inovasi agar mobil yang dibuatnya semakin canggih.

Hingga akhirnya mereka membuat program modernisasi pabrik yang membuat mobil menjadi lebih kecil, lebih hemat bahan bakar, menghasilkan polusi yang jauh lebih sedikit dan juga aman.

Hingga mobil dapat dinikmati saat ini yang memiliki teknologi yang luar biasa baik jika dibandingkan dengan mobil jaman dulu.

Cara Merawat Mobil “Modern“ Masa Kini

Setelah mengetahui asal mula adanya mobil dibuat, penemu, hingga perkembangannya saat ini, tentu menjadi ilmu dan informasi yang sangat jelas untuk Anda ketahui darimana mobil awalnya berasal.

Dan jangan lupa untuk selalu membayar pajak kendaraan bermotor agar mobil Anda aman selama dalam perjalanan.

Dengan semakin canggihnya teknologi dari tahun ke tahun. Membuat mobil pun semakin canggih dan tentu cara merawatnya pun harus mengikuti teknologi yang saat ini sedang berkembang.

Seperti cara mencuci mobil yang masih kuno yang harus digosok-gosok menggunakan spons yang tentu saja bisa membuat adanya baretan halus pada permukaan mobil.

Sedangkan di Uni Eropa tepatnya di Rusia, cara mencuci mobil menggunakan spons sudah lama ditinggalkan dan beralih dengan mencuci mobil dengan menggunakan “metode touchless”.

Mencuci Mobil Dengan Menggunakan “Metode Touchless”

Metode touchless merupakan cara mencuci mobil tanpa sentuh pertama yang membuat setiap orang yang mencucinya bukan lagi hemat waktu, namun hemat tenaga dan juga uang.

Metode mencuci tanpa sentuh ini sudah dilakukan di negara Rusia hampir 17 tahun lamanya dan cara ini akan diadopsi oleh Indonesia karena Grass Indonesia telah hadir didekat Anda.

Grass Indonesia merupakan “produsen shampoo touchless” tanpa sentuh pertama di Indonesia. Mengusung konsep “touchless”, membuat cuci mobil sangat mudah seperti membalikkan kedua telapak tangan.


Anda cukup semprotkan shampoo touchless yang sudah dicampur dengan air pada takaran yang sesuai. Lalu semprotkan pada mobil dan tunggu hingga 2 menit. Kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

Sangat mudah dilakukan untuk setiap orang yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Untuk mengetahui seberapa hebat produk shampoo touchless dari Grass untuk membersihkan kotoran, debu, minyak, jejak serangga hingga kontamin yang sulit dibersihkan.

Silahkan Anda lihat sendiri videonya, bagaimana shampoo touchless ampuh dalam membersihkan kotoran hingga maksimal.

Mobil jadi bersih tanpa perlu disentuh yang tidak memakan waktu hingga 10 menit. Ingin menguji kehebatan produk kami? Silahkan Anda lihat katalognya di berbagai marketplace yang tersedia saat ini di Tokopedia dan juga Blibli.com.

Mari ubah cara lama Anda mencuci mobil dengan metode touchless yang mempermudah Anda mencuci mobil tanpa sentuh dan tidak membuat Anda lelah dan menghabiskan waktu dalam merawatnya.

Kapan Anda mengikuti teknologi saat ini dengan menggunakan shampoo touchless dari Grass?

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.