Kapan Servis Mobil Terbaik agar Mobil Sehat dan Berkinerja Baik?

20 April 2020

Servis mobil merupakan bagian dari perawatan mobil yang wajib Anda lakukan. Pasalnya, servis mobil sangat berpengaruh pada kinerja mesin maupun kendaraan Anda.

Dengan melakukan servis secara berkala, maka jika ada komponen mobil yang bermasalah. Akan dengan mudah ditangani dan diperbaiki sebelum kerusakannya meluas dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk melakukan servis berkala? Dan berapa estimasinya agar Anda dapat mempersiapkan budget untuk merawat mobil kesayangan Anda?

Servis Sebaiknya Dilakukan Per 10.000 Km Sekali

servis mobil idealnya dilakukan per 10.000 atau 6 bulan pemakaian kendaraan

Idealnya, servis secara berkala dilakukan memang per 10.000 km sekali atau 6 bulan sekali. Yang artinya adalah, jika sebelum 6 bulan Anda sudah mencapai 10.000 km. Maka yang jadi patokannya adalah 10.000 km.

Akan tetapi jika dalam waktu 6 bulan belum mencapai 10.000 km berkendara, Anda tetap harus melakukan servis karena waktu 6 bulan sudah tercapai.

Namun biasanya untuk pembelian mobil baru, tahapan servis mobil yang biasa dilakukan adalah servis 1000 km, 5000 km, 10.000 km, 20.000 km hingga kelipatan 10.000 km dan seterusnya.

Bagaimana Jika Ada Kendala Pada Mobil Sebelum Mencapai 10.000 km?

Jika ternyata Anda merasa ada kejanggalan pada mobil, seperti ban yang tidak seimbang, tarikan mobil yang kurang nyaman, atau rem yang sudah tidak sepakem dulu.



Tidak masalah jika Anda melakukan servis sebelum mencapai 10.000 km.

Pasalnya, jika ada kendala pada mobil lalu Anda biarkan begitu saja, dikhawatirkan kerusakan tersebut semakin menyebar dan membuat kinerja mesin semakin tidak baik.

Pada akhirnya, biaya servis semakin melambung dan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Ada beberapa komponen yang memang harus diperhatikan dan bisa Anda rawat secara mandiri, seperti pengecekan minyak rem, air wiper, air radiator, dan air aki untuk mobil yang menggunakan aki basah.

Akan tetapi, jika kerusakan terjadi pada komponen yang tidak bisa Anda perbaiki sendiri. Solusi yang terbaik adalah dengan mendatangi dealer untuk melakukan servis berkala. Lantas berapa estimasi biayanya?

Estimasi Biaya Servis Mobil

Untuk kendaraan baru, biasanya dealer mobil akan mengratiskan biaya servis untuk km rendah, yakni jarak tempuh 1000 km.

Akan tetapi, jika sudah memasuki jarak tempuh 1000 km, untuk mobil lcgc misalnya. Biasanya biaya servis nya tidak terlalu mahal. Estimasi biaya di kisaran 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Anda pun harus jeli ketika dealer mobil memberikan informasi mengenai kerusakan yang ada pada mobil.

Jika memang ada beberapa komponen yang tidak perlu diservis, Anda bisa melakukan pengajuan sehingga biaya servis pun menjadi tidak terlalu tinggi.

Untuk jarak tempuh yang semakin tinggi hingga 50.000 km. Memang biayanya jauh lebih mahal ketimbang km rendah. Pasalnya, semakin bertambah jarak tempuh pada sebuah kendaraan, akan membuat biayanya semakin mahal karena semakin menurunnya kinerja mesin.


Akan tetapi, itu terjadi jikalau Anda jarang melakukan servis secara berkala.

Mengapa Servis Mobil Harus Dilakukan Secara Berkala di Dealer yang Tepat?

Biasanya, jika Anda rutin melakukan servis mobil, mobil akan jarang sakit-sakitan dan umurnya akan panjang.

Berbeda dengan mobil yang jarang diservis, terlebih lagi sering melakukan servis di tempat yang memang tidak baik dan tidak maksimal dalam melakukan servis mobil.

Mobil biasanya akan rentan rusak dan memiliki umur yang tidak panjang.

Anda bisa membandingkan sendiri antara mobil yang sering diservis secara berkala di dealer dengan mobil yang jarang diservis. Karena melakukan servis sangat berpengaruh dan berefek pada memperpanjang umur pemakaian mobil.

Pemilihan dealer tempat servis mobil pun menjadi salah satu acuan yang harus Anda nilai secara perfeksionis. Pasalnya, tidak semua dealer bisa melakukan servis mobil secara amanah.

Ada dealer yang memang mengejar target sehingga komponen yang tidak rusak malah diminta untuk membeli komponen baru. Ada juga dealer yang memiliki teknisi yang asal-asalan dan QC yang kurang teliti sehingga mobil tidak menjadi lebih baik lagi.


Anda harus perfeksionis mengenai hal ini. Karena hal ini menentukan keberhasilan mobil Anda dalam jangka waktu kedepan. Sehingga Anda pun dituntut untuk aktif ketika sedang melakukan servis mobil.

Dengan demikian, Anda benar-benar tahu komponen mana saja yang memang harus diganti dan komponen mana yang tidak perlu Anda ganti dan Anda beli.

Merawat Mobil Tidak Melulu Soal Servis Mobil Saja

Merawat mobil tidak serta merta Anda melakukan servis saja, akan tetapi Anda pun dituntut untuk bisa membersihkan mobil dengan baik.

Seperti teratur membayar pajak kendaraan bermotor, mencuci mobil sendiri, mengisi air wiper, dan berbagai kemampuan merawat mobil yang bisa dilakukan secara mandiri.

Mencuci mobil pun menjadi salah satu cara untuk merawat mobil agar selalu bersih dan tidak berkarat.

Pasalnya, jika mesin mobil dan body mobil jarang dibersihkan, akan menimbulkan permasalahan lain seperti kotoran yang sulit dibersihkan, hingga adanya karat pada mesin mobil yang berpengaruh pada kinerja mobil.

Untuk mencuci mobil secara mandiri, Anda bisa gunakan shampoo mobil yang ampuh menghilangkan kotoran yang membandel dan juga merawat mesin mobil agar bersih dan terhindar dari karat.


Dan saat ini, ada shampoo mobil yang ampuh membersihkan mobil tanpa disentuh, yakni produk shampoo touchless dari Grass Indonesia.

Shampoo touchless ini mampu membersihkan dan mengikat kotoran yang membandel tanpa harus Anda sentuh. Sehingga cara perawatan ini selain ekonomis dan hemat waktu, juga hemat tenaga.

Ada beberapa series shampoo toucless, ada Active Foam Extra, Active Foam Effect, dan Active Foam Truck untuk membersihkan kontamin yang sulit dibersihkan shampoo biasa.

Penasaran dengan kemampuan shampoo ini sebagai shampoo tanpa sentuh yang memiliki efek yang lebih baik dari shampoo biasa? Silahkan Anda tonton demo cuci mobil tanpa sentuh disini.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.