7+ Tips Membeli Mobil Bekas Biar Gak Ditipu Orang dan Gak Kecolongan

5 August 2020

Tips Membeli Mobil Bekas – Bagi Anda yang sedang sibuk mencari beberapa mobil bekas. Sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui berbagai macam tips membeli mobil bekas agar Anda tidak ditipu oleh pemilik mobil dan mendapatkan harga yang semestinya.

Karena ada beberapa orang yang doyan membeli mobil bekas, namun ia tidak mengetahui tips dan trik dalam membelinya sehingga sering kecolongan soal harga dan juga permesinan.

Seperti mendapati mobil yang terlampau mahal, mesin mobil yang sudah rusak, bekas banjir dan berbagai macam jenis problem yang tentunya menyulitkan Anda sebagai pembelinya.

Maka dari itu, sebelum membelinya. Anda perlu mengikuti 7 tips membeli mobil bekas agar tidak ditipu oleh pemilik mobil yang akan menjual kendaraannya, yakni sebagai berikut.

7+ Tips Membeli Mobil Bekas Biar Gak Kecolongan

1. Cari Unit Mobil yang Sudah Digunakan Kurang dari 5 Tahun Pemakaian

Mencari unit mobil yang digunakan kurang dari 5 tahun merupakan suatu keharusan bagi Anda yang ingin selamat dalam mencari mobil dalam keadaan baik dengan harga yang murah.

Mengapa Anda harus mencari mobil dengan tahun muda? Hal ini dilakukan agar biaya maintenance mobil Anda masih tergolong murah. Selain itu, kerusakan pada mobil pun masih bisa diatasi dan tidak memakan biaya yang mahal.

Biasanya, pemakaian mobil diatas 5 tahun akan mulai menampakkan gejala kerusakan satu persatu. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi semua mobil jika pemilik mobil sering melakukan perawatan dan servis berkala pada mobil kesayangannya sebelum dijual kepada Anda.

2. Membawa Mekanik yang Sudah Terbukti Ahli di Bidangnya

Untuk mengecek kondisi mobil bekas yang akan Anda pilih, sebaiknya bawalah mekanik yang sudah terbukti ahli dalam urusan mobil bekas.

Anda bisa memanfaatkan kenalan bagian teknisi dimana Anda sering melakukan servis mobil sebelumnya. Lebih baik Anda memberikan fee pada teknisi tersebut dengan biaya yang tak seberapa.

Tentu tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengecek mesin pada mobil. Sehingga, membawa mekanik ketika Anda sedang akan membeli mobil bekas merupakan suatu ide terbaik agar Anda tidak ditipu penjual.

3. Cek Kondisi Mobil Secara Cermat dan Keseluruhan

Mengecek mobil bekas memang gampang-gampang susah. Ada yang terlihat menawan di bagian body luar. Namun rusak pada bagian mesin, dan begitu pula sebaliknya.

Walaupun Anda memang sangat tabu dalam hal perbengkelan bahkan pada mesin mobil. Setidaknya Anda bisa melihat kondisi mobil secara cermat ketika pertama kali melihatnya. Anda bisa cek pada bagian bemper mobil yang sering terdapat lecet-lecet kecil.

Apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan hebat atau tidak. Jika Anda temukan lecet-lecet sedikit pada body mobil, Anda masih bisa memakluminya.

Namun, jika ada part yang terasa ganjal ketika Anda mencoba mengendarainya. Lebih baik Anda mundur dan cari unit mobil bekas lain.

4. Jangan Memperlihatkan Bahwa Anda Menyukainya

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah dari segi mimik wajah. Sebaiknya, jangan menampakkan wajah bahwa Anda menyukai unit tersebut.

Hal ini sangat berpengaruh pada psikologi penjual sehingga biasanya penjual akan menurunkan harga serendah-rendahnya karena ia berpikir Anda tak menyukainya.

Sehingga Anda terhindar dari penawaran mobil dengan harga tinggi. Sebaliknya, Anda pun harus curiga juga jika harga mobil tergolong rendah, mungkin ada beberapa alasan lain yang harus Anda ketahui sebelum membelinya.

5. Gali Informasi Penyebab Mengapa Ia Ingin Menjual Mobilnya

Setelah Anda merasa mobil tersebut memenuhi kriteria dan ingin membelinya. Sebelumnya Anda harus menggali informasi terlebih dahulu mengapa penjual ingin menjual mobilnya.

Dengan pertanyaan yang halus, Anda pasti akan mengerti berbagai alasan yang dibuat oleh penjual. Jika alasannya jujur seperti ingin ganti unit baru, Anda bisa memakluminya.

Namun, jika dari mimik wajahnya terkesan bohong. Mungkin ada beberapa hal yang ditutupi dan sebaiknya Anda berpikir ulang sebelum membelinya.

6. Cek Semua Kelengkapan Kendaraan

Setelah memastikan Anda menyukai mobil bekas tersebut, cek kembali seluruh dokumen kendaraan yang akan Anda beli. Jangan sampai ada kesalahpahaman dengan kurangnya dokumen, agar tidak ada yang dirugikan di kemudian hari.

7. Bertemu di Rumah Penjual Merupakan Pilihan Terbaik

Tips membeli mobil bekas terakhir adalah dengan bertemu di rumah penjual. Mengapa Anda dilarang bertemu diluar rumah? Karena jika ada sesuatu yang terjadi pada unit mobil yang sudah Anda beli, Anda bisa dengan mudah menemukan alamat penjual.

Selain itu juga, dengan bertemu dirumah akan meminimalisir terhindar dari modus kejahatan yang sering terjadi. Seperti hipnotis, dan berbagai macam kejadian yang diluar nalar Anda.

Ketika membeli mobil bekaspun. Anda sebaiknya ditemani oleh kerabat, maupun mekanik yang handal dalam memilih mobil dalam kondisi yang masih baik.

Kesimpulan

Setelah membaca 7 tips membeli mobil bekas yang sudah kami utarakan diatas, semoga Anda bisa lebih mahir dalam menentukan mobil bekas yang ingin Anda beli sesuai dengan spek di pasaran.

Selain itu juga, membawa mekanik kenalan Anda akan lebih baik untuk menghindari Anda dari tipu menipu dan membeli dengan harga yang terlalu mahal.

So, silahkan praktekan sendiri ketujuh tips diatas, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang memilih mobil bekas sebagai teman setia Anda beraktivitas.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.