Virus Corona : Penyebab, Gejala, Penyembuhan, dan Pencegahannya

23 March 2020

Virus corona merupakan salah satu jenis virus baru yang ditemukan pertama kali di Wuhan, Cina. Virus ini sangat menular dan bahkan bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Penyebab Seseorang Terkena Virus Corona

Penyebab awal mula adanya virus ini disebabkan oleh manusia yang terbiasa mengkonsumsi daging maupun darah kelelawar.

Malah virus ini diduga kuat bersumber dari sebuah pasar di Kota Wuhan yang menjual berbagai hewan langka seperti kelelawar, ular, anjing, babi dan berbagai macam binatang yang memang sebetulnya dilarang dimakan oleh manusia.

Virus ini awalnya ada di binatang kelelawar yang menular kepada manusia. Setelah virus ini menular pada manusia. Akhirnya virus ini bisa menyebar dan menular dari manusia ke manusia lain.

Sehingga total update bulan Februari 2020 pada salah satu berita terpercaya. Hampir 35.000 orang terinfeksi virus corona.

Namun diantara 35.000 orang yang terinfeksi. Ada total hampir 1600 orang sembuh dari virus ini.

Gejala Awal Mendeteksi Virus Corona

Gejala awal seseorang terdeteksi virus ini adalah adanya demam tinggi hingga 38 derajat bahkan lebih yang disertai gangguan pernafasan.

Umumnya pasien yang terinfeksi virus ini akan mengalami batuk yang sangat parah hingga menyebabkan batuk berdarah. Yang jika dibiarkan akan mengakibatkan penyakit pnemunia yang bisa menghilangkan nyawa seseorang.

Pada pasien yang terkena virus ini namun memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. Biasanya penyakit ini muncul hanya seperti flu biasa.

Akan tetapi jika Anda sedang memiliki kekebalan tubuh yang minim, biasanya virus akan menyebar dengan cepat yang bisa menyebabkan penyakit pernafasan akut.

Umumnya, virus ini menyerang orang yang sudah lanjut usia. Akan tetapi, virus tersebut bisa menyerang juga pada seseorang dengan semua usia yang memiliki kekebalan yang sangat rendah.

Mengenal Virus Corona Pada Kelelawar

Sebelum meneliti lebih jauh mengenai virus corona. Ternyata, ahli patologi dari IPB, Prof. Drh Agus Setiyono MS, PhD, APVet pernah melakukan penelitian pada tahun 2009 bersama Research Center di Hokkaido University di Jepang.

Dan menemukan ada beberapa virus yang terkandung dalam kelelawar.

Penelitian tersebut diuji pada urine, feses, organ dalam maupun darah pada kelelawar dan ternyata ditemukan enam virus. Termasuk adanya coronavirus yang terkandung didalamnya.

Keenam virus tersebut yakni corona virus, paramyxo virus, polyoma virus, bufa virus, alpha herpes virus dan gamma herpes virus.

Keenam virus tersebut termasuk corona virus dapat menyebar melalui kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung seperti Anda bersentuhan langsung dengan kelelawar tersebut.

Atau kontak langsung bisa saja terjadi pada pasar-pasar yang menjual kelelawar dalam kondisi hidup. Itu sudah sangat pasti bisa terkontaminasi virus tersebut.

Sedangkan untuk kontak tidak langsung adalah Anda memegang sesuatu yang sebelumnya tersentuh oleh kelelawar. Atau bisa saja memakan daging kelelawar yang sudah terbukti terdapat virus tersebut.

Walaupun bakteri akan mati jika daging kelelawar dimasak pada suhu 100 derajat. Namun alangkah lebih baik demi pencegahan, hindari memakan daging kelelawar untuk mencegah virus corona menyebar pada tubuh Anda.

Mengapa Kelelawar Tetap Sehat Meski Terdapat Virus Corona Sedangkan Pada Manusia Tidak?

Pertanyaan tersebut muncul tatkala kelelawar yang sedang diuji tersebut tetap sehat walaupun sudah positif memiliki enam virus yang bisa membahayakan nyawa.

Penularan virus awal mulanya akan menyerang pada bagian pernapasan, lebih tepatnya pada epitel.

Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian, virus corona tersebut ada di beberapa organ dalam yang seharusnya tidak ada. Ini membuktikan bahwa virus corona berada di sel pertahanan.

Sehingga antibodi kelelawar tidak mengenali bahwa keenam virus tersebut merupakan virus.

Sehingga kelelawar tampak sehat-sehat saja. Sedangkan pada manusia, tubuh akan mengenali karena virus tersebut langsung menyerang pada sistem pernafasan yang mengakibatkan gejala demam, flu dan batuk hebat yang bisa mengakibatkan infeksi pernafasan akut jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat.

Bagaimana Penyembuhan Virus Corona?

Seperti yang dilansir dari beberapa situs didunia. Virus corona ini awalnya belum ada obatnya.

Namun pada update Februari tahun 2020. Banyak dari pasien virus corona yang berhasil sembuh dari virus corona ini.

Namun sampai saat ini China masih merahasiakan obatnya.

Pencegahan agar Virus Corona Tidak Menyebar

Untuk pencegahan pada virus corona, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar terhindar dari penyakit ini, yakni sebagai berikut.

1. Menghindari Berpergian Ke Negara yang Terkena Suspect Virus Corona

Dengan menjauhi tempat yang berpotensi menularkan virus. Maka akan mencegah seseorang terkena infeksi virus corona.

Oleh karena itu, hindari terlebih dahulu berpergian dari beberapa kota atau negara yang sudah terinfeksi virus ini.

Contohnya Cina, Hongkong, dan beberapa negara yang sudah siaga 1 darurat virus corona.

Dengan demikian, Anda terhindar dari virus yang biasanya menyebar dari percikan batuk atau bersin dari orang yang benar-benar terinfeksi virus corona.

2. Rajin Cuci Tangan Setelah Melakukan Berbagai Aktivitas

Melakukan cuci tangan pakai sabun anti bakteri dan rajin menggunakan hand sanitizer menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghindari virus ini.

Karena tangan merupakan salah satu media yang sering menjadi perantara penyebaran bakteri dan juga virus.

Sehingga untuk mencegah virus corona ini menyebar di Indonesia. Alangkah lebih baik membiasakan diri untuk cuci tangan agar virus tidak menyebar.

3. Tutup Mulut Ketika Bersin dan Biasakan Menggunakan Masker

Menutup mulut ketika bersin tentunya merupakan salah satu perilaku baik untuk mencegah adanya bakteri yang menyebar pada orang lain.

Membiasakan menggunakan masker pun sangat membantu pencegahan virus corona masuk pada tubuh Anda.

4. Memakan Makanan yang Halal

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa virus corona berasal dari kelelawar yang akhirnya virus tersebut menyebar dari manusia ke manusia.

Tentu adanya larangan haram dan halal sudah menjadi hal mutlak yang harus Anda ikuti. Pasalnya, setiap perintah larangan memakan makanan haram tentu menjadi obat dan pencegahan untuk diri Anda sendiri.

Sehingga itulah alasan mengapa “Sang Pencipta” memberikan aturan makan dan minum yang halal. Semua perintah tersebut sejatinya bermanfaat untuk kebaikan dan kesehatan kita semua.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan dari kotoran. Tentu membuat Anda sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menjaga lingkungan tidak serta merta hanya masalah kebersihan rumah.

Namun kebersihan mobil pun perlu dijaga agar sirkulasi udara di dalam mobil tetap aman dan nyaman.

Anda bisa membawa mobil ke bengkel mobil untuk dibersihkan bagian interiornya misalkan. Agar udara dalam mobil tidak terinfeksi oleh virus mematikan ini.

Ngomongin soal mobil. Tentu menjaga kebersihan mobil baik dalam maupun luar menjadi aspek yang penting untuk diutamakan.

Apalagi jika mobil tersebut menjadi tempat dimana Anda sering melakukan mobilitas setiap harinya.

Tentu mencuci mobil dengan produk yang tepat menjadi cara paling ampuh untuk membersihkan mobil dari kotoran yang membandel.

Sehingga Anda wajib membersihkan kendaraan dengan produk yang ampuh membersihkan tanpa perlu disentuh. Dan produk tersebut bernama Grass Indonesia.

Grass Indonesia merupakan produsen shampoo touchless pertama di Indonesia yang dapat membersihkan kotoran tanpa Anda sentuh sama sekali. Mencuci dengan metode tanpa sentuh ini diklaim mampu menghemat waktu hingga 90%.

Penasaran bagaimana shampoo touchless dari Grass mampu mencuci mobil tanpa sentuh sama sekali? Silahkan lihat langsung videonya dan tonton hingga selesai ya.


Dan untuk mengetahui berbagai katalog produk dari kami. Anda bisa mengunjungi website Grass atau Anda bisa mengunjungi marketplace kami yang saat ini ada di Tokopedia dan juga Blibli.com.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bisa menjadi referensi dan  ilmu yang bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait

Klakson Mobil Tak Bersuara? Penyebabnya Sangat Erat Kaitannya dengan Komponen Mobil Ini

31 August 2020

Mobil Juke Mulai Terlupakan, Pecinta Otomotif Beralih ke Mobil Xpander

28 August 2020

3 Rekomendasi Kamera Mobil Terbaik dengan Harga Dibawah 1 Jutaan!

26 August 2020

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.